Featured Image Article 2147

12 Cara Mendapatkan Bulu Mata Cantik dan Sehat

Bulu mata panjang, lentik, dan tebal bisa membuat perbedaan yang besar pada penampilan kita. Tidak ada salahnya kita intip apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan bulu mata canti dan sehat.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Makeup

Wanita dengan bulu mata cantik biasanya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu mata mereka. Ternyata tidak sulit untuk mengikuti kebiasaan tersebut, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon. Yuk kita simak apa yang mereka lakukan setiap hari untuk menjaga bulu mata tetap cantik dan sehat!

1. Mereka mengkondisioner bulu matanya setiap malam dengan minyak. Kamu bisa menggunakan minyak jarak mulai dari akar hingga ujungnya agar bulu mata semakin kuat dan panjang. Kamu bisa memakai tangan yang sudah dicuci bersih atau sikat bulu mata untuk mengaplikasikannya.

2. Mereka memakai serum penumbuh bulu mata. Siklus pertumbuhan bulu mata terjadi dalam 30 hingga 60 hari. Namun jika kondisinya rapuh dan kering, bulu mata tersebut dapat rontok sebelum waktunya. Penggunaan serum dapat membantu mengurangi kerontokan dan kerusakan bulu mata.

3. Mereka menggunakan biotin (suatu jenis vitamin B). Biotin bisa membantu menguatkan rambut, kulit, dan kuku. Konsultasikan ke ahlinya untuk mengetahui dosis yang tepat.

4. Mereka menjepit bulu mata sebelum mengenakan maskara. Menjepit bulu mata ketika sudah memakai maskara akan beresiko membuat maskara lengket pada alat penjepit bulu mata. Lebih baik lakukan pada saat bulu mata masih bersih dan bebas dari makeup.

5. Mereka memanaskan penjepit bulu matanya dengan hair-dryer. Cara ini dapat mempermudah membentuk bulu mata yang lentik, serta membantu mempertahankan bentuknya. Hembuskan udara hangat dari hair-dryer ke alat penjepit bulu mata sampai hangat, kemudian jepit bulu matamu. Ini mirip seperti ketika kamu menggunakan catok rambut.

6. Mereka hanya menjepit bulu matanya dua kali. Terlalu banyak menjepit bulu mata justru bisa membuat bulu matamu terlalu keriting dan berantakan.

7. Mereka memakai maskara dengan kandungan moisturizer. Misalnya saja yang mengandung panthenol dan beeswax agar bulu mata senantiasa lembab.

8. Mereka menaburi bulu mata dengan bedak bayi. Lakukan pada saat akan mengaplikasikan maskara untuk yang ke 2 kalinya. Hal ini akan membuat bulu mata terlihat lebih tebal.  

9. Mereka menghapus maskara dengan lembut dan ke arah bawah. Membersihkan maskara dengan cara menggosok ke kanan dan ke kiri bisa membuat bulu mata rontok, bahkan keriput. Bersihkan maskara dengan gerakan dari atas ke bawah perlahan-lahan agar bulu mata tidak rontok dan tidak menimbulkan keriput. Tahan sebentar dulu kapas sebelum menekannya ke bawah.

10.Mereka mengganti maskara setiap 3 bulan. Penting sekali untuk menggunakan maskara yang higienis dan bebas bakteri agar bulu mata tetap cantik. Maskara yang sering dipakai akan terkena udara yang menyebabkannya kering dan terkontaminasi bakteri.

11.Mereka menjepit bulu mata aslinya sebelum memasangkan bulu mata palsu. Dengan begitu, bulu mata asli dan palsu dapat menyatu dengan lebih natural. Satukan keduanya dengan ujung jari sebelum memakai maskara.

12.Mereka tidak bermain-main dengan bulu matanya atau tidur tengkurap. Hal ini juga bisa menyebabkan bulu mata rontok dan merusak bentuknya.


Buat kamu yang memiliki extension pada bulu mata, bersihkan juga dengan shampo bayi yang lebih lembut dan tidak menyebabkan pedih jika terkena mata. Selamat mencoba!