Featured Image Article 2186

Berhenti Merokok dengan Manfaat Jeruk Nipis

Siapa yang tidak tahu bahaya rokok? Namun tidak mudah bagi para perokok untuk berhenti begitu saja. Dari hasil sebuah penelitian, ternyata jeruk nipis bisa menahan keinginan merokok.

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Lifestyle

Siapa sih yang tidak tahu bahaya merokok? Seperti menganggu kesehatan, menyebabkan kemandulan, bahkan sampai kematian. Namun, rokok juga memiliki sifat menenangkan bagi sebagian orang dan kandungan nikotin yang menyebabkan kecanduan, sehingga sulit bagi para perokok untuk berhenti dan melawan keinginan untuk merokok. Tapi ternyata ada beberapa cara untuk mengurangi keinginan merokok. 

Universitas Srinakharinwirot di Thailand baru-baru ini menghasilkan sebuah studi baru yang membantu para perokok lepas dari kecanduaan merokok hanya dengan menggunakan jeruk nipis saja. Jeruk nipis ini merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi rasa keinginan merokok bagi perokok.

Jeruk nipis merupakan buah yang aman dan mudah ditemukan dibandingan dengan produk pencegah keinginan merokok lainnya. Selain itu, selain baik untuk kesehatan, jeruk nipis juga mengandung zat anti mikrobakterial yang dapat melawan bakteri E.coli.

Sayangnya, dari hasil studi yang dilakukan pada 100 orang perokok sebagai responden, hanya 47 orang yang merasa jeruk nipis dapat membantu mengurangi rasa ingin merokok, dan 53 orang lainnya lebih memilih mengunyah permen karet untuk menahan keinginan merokok lebih lama.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba resep jus jeruk nipis untuk mengatasi keinganan merokok berikut ini!

Resep Jus Jeruk Nipis

  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah jeruk lemon
  • 1 sendok makan gula
  • 1 gelas air
  • es batu secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Potong jeruk nipis dan jeruk lemon, peras airnya. 
  2. Tuangkan perasan air jeruk nipis dan  lemon kedalam gelas dan tuangkan gula dan air, aduk
  3. Tambahkan es agar dingin

Nah itu dia resep yang bisa kamu coba sendiri! Selain bermanfaat membantu berhenti merokok, resep diatas juga dijamin kesehatannya lho! Kamu juga bisa menyarankannya kepada orang-orang disekitarmu untuk mencoba cara ini untuk berhenti merokok, dan menjadikan lingkungan serta tubuh lebih sehat. Resep ini tetap bisa dipadukan dengan cara berhenti merokok lainnya, seperti mengunyah permen karet. 

Selamat mencoba!