Featured Image Article 2189

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Untuk Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum di derita oleh wanita. Hindari 5 hal berikut agar resiko kanker payudara semakin kecil!

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Lifestyle

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang seringkali awalnya tidak diketahui oleh penderitanya. Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita. Walaupun sering kita ketahui dengan melakukan pola hidup yang sehat dapat mengurangi kesempatan menderita kanker, sebaiknya hindari hal-hal berikut agar resiko menderita kanker payudara semakin kecil.

Alkohol

Semakin banyak kamu mengonsumsi alkohol, semakin besar kemungkinan kamu terkena kanker payudara. Alkohol termasuk bir, wine dan minuman keras cukup diminum segelas saja bila diperlukan.

Merokok

Dari hasil bukti-bukti kasus kanker payudara, terbukti adanya hubungan antara kanker payudara dengan merokok, terlebih pada wanita yang dalam masa pra-menopause. Selain itu, merokok juga dapat merusak kesehatan tubuh.

Obesitas

Terlalu gemuk ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab kanker payudara, lho. Obesitas pada wanita yang sudah mengalami menopause dapat memperbesar resiko menderita kanker payudara.

Terapi Hormon

Melakukan hormon terapi terus menerus selama tiga sampai lima tahun dapat memperbesar kemungkinan menderita kanker payudara. Jika kamu melakukan terapi hormon untuk mempelama terjadinya menopause, sebaiknya tanyakan pada dokter alternatif lainnya yang lebih aman seperti aktivitas fisik. JIka tidak dapat dihindari, sebaiknya pilih dosis hormon yang paling rendah yang sesuai dengan tubuhmu untuk mengurangi resiko. 

Radiasi & Polusi Lingkungan 

Sebaiknya hindari alat-alat kedokteran yang mempunyai tingkat radiasi tinggi karena dapat memperbesar resiko kanker payudara. Polusi lingkungan seperti asap kendaraan, uap bensin dan bahan-bahan kimia di tempat kerja (biasanya pabrik) juga diduga dapat memperbesar resiko kanker payudara.


Hidup dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat, rajin berolahraga dan aktif ASI merupakan cara untuk mengurangi resiko menderita kanker payudara. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, penyakit pun akan menjauh. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!