Featured Image Article 2198

5 Cara Jitu Untuk Mengendalikan Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak memang sangat mengganggu ya, ladies. Minyak pada kulit itu tetap diperlukan, lho! Jadi lakukan cara ini ketika minyak pada kulit berlebih.

Inka Photo
Inka
Contributor
di Skin Care

Memproduksi minyak lebih banyak adalah salah satu cara kulit melembabkan diri secara alami. Area T-zone pada wajah memiliki kelenjar minyak lebih banyak daripada yang lain, karena itulah bagi orang-orang yang memiliki kondisi kulit berminyak, area inilah yang menjadi masalah utama.

Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, jangan galau dulu, karena ada kabar baik untukmu! Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung terlihat sedikit lebih muda, karena minyak pada kulit dapat menjaga kulit terlihat lebih sehat dan awet muda.

Meski demikian, tetap saja rasanya ingin menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Berikut ini adalah cara tepat untuk mengendalikan minyak berlebih pada kulit:

Pilih Pembersih yang Tepat Untuk Kulit Berminyak

Gunakanlah produk pembersih yang diformulasikan untuk membersihkan minyak di permukaan kulit dan mengurangi produksi sebum. Untuk membersihkan kulit, pastikan kamu menggunakan air hangat. Cucilah mukamu dua kali sehari, di pagi hari ketika bangun dan sebelum tidur.  Selain pembersih, menggunakan toner bebas alkohol setiap pagi dan malam sebelum tidur, juga dapat menyeimbangkan kondisi kulit yang berminyak.

Terapkan Primer

Memilih primer dengan hasil akhir matte dapat membantu mengurangi munculnya kesan mengilap pada kulit wajah. Ini juga akan membuat makeup terlihat lebih halus. Saat ini beberapa primer memiliki kandungan vitamin antioksidan. Selain meratakan makeup, sekaligus sebagai penangkal efek buruk radikal bebas, ladies!

Jangan Tinggalkan Sunscreen

Matahari adalah musuh besar untuk kulit yang berminyak. Menggunakan sunscreen itu sangat penting, karena dapat meminimalisir dampak buruk paparan sinar matahari pada kulit. Kamu bisa memilih sunscreen dengan hasil akhir matte, karena tidak akan meninggalkan kesan berminyak pada kulit.

Hindari Pemakaian Produk yang Berlebihan

Pernahkah kamu berpikir bahwa dengan memakai serum, krim siang atau malam lebih banyak dari dosis yang disarankan akan mendapatkan manfaatnya lebih baik? Itu salah, ladies! Terlalu banyak produk yang diterapkan justru akan membuat kulit semakin berminyak.

Terapkan lima titik-titik kecil dari produk ke dahi, hidung, dagu dan pipi. Kemudian, ratakan ke atas dan ke arah luar, lalu diamkan hingga mengering. Jika merasa ada daerah yang membutuhkan sedikit produk, kamu bisa menambahkannya di bagian itu saja.

Memilih bahan alami seperti lidah buaya sebagai pelembap itu sangat bagus. Jika merasa itu kurang praktis, pelembap yang ringan atau serum yang memiliki kandungan SPF bisa menjadi pilihan yang tepat.

Menggunakan Masker

Masking bisa sangat bermanfaat memerangi kulit berminyak. Ini tidak perlu kamu lakukan setiap hari, cukup seminggu sekali. Masker bermanfaat untuk mengurangi minyak, kotoran dan kulit mati. Hal ini membantu untuk mencegah penyumbatan pori, yang akhirnya menyebabkan jerawat.


Tidak ada yang salah dengan minyak pada kulit. Ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Hanya ketika memiliki terlalu banyak minyak pada kulit, cara di atas mungkin dapat membantumu. Salam cantik, ladies!