Featured Image Article 2359

5 Tren Makanan Sehat 2016 yang Harus Kamu Coba

Tak hanya fashion, jenis makanan tertentu pun akan menjadi tren di tahun 2016 ini. Kian banyak orang memilih makanan yang natural dan lebih sehat, seperti 5 makanan yang bakal populer ini.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Food

Rupanya kini masyarakat lebih menyadari pentingnya menerapkan pola hidup sehat, termasuk di dalam menu makanan mereka. Semakin banyak orang yang mengurangi konsumsi junk food dan menggantinya dengan makanan yang lebih bernutrisi. Tak heran jika menu-menu sehat akan menjadi tren tahun ini. Seperti halnya 5 tren makanan tahun 2016 ini.

Yuk, klik NEXT untuk mengethaui 5 makanan yang akan ngetren karena kandungan gizinya yang kaya dan menyehatkan!

Mangkuk Sebagai Pengganti Piring

Semuanya bermula dengan foto-foto smoothie bowls yang kerap menghiasi Instagram-mu setiap pagi. Akan tetapi, semakin lama mangkuk tidak hanya muncul di pagi hari untuk sarapan. Makan siang dan malam pun kini juga sering dihidangkan dengan mangkuk. Makin banyak menu-menu sehat yang dihidangkan di restoran-restoran menggunakan mangkuk. Sebut saja veggie bowls, grain bowls, poke bowls, macro bowls, dan masih banyak lagi.

Memang ada beberapa manfaat mengganti piring dengan mangkuk untuk menghidangkan makanan. Salah satunya adalah untuk mengontrol porsi makanan sehingga jumlah protein, biji-bijian, dan sayuran di menu makananmu lebih tepat.

Matcha, Matcha, dan Matcha

Satu lagi tren kuliner asal Jepang yang akan semakin digandrungi tahun ini, yaitu matcha. Matcha adalah teh hijau Jepang yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Untuk membuat minuman matcha, cukup campurkan dengan susu atau air panas. Jangan kaget kalau kamu akan selalu menemukan menu matcha di kafe-kafe sekarang ini, bahkan Starbucks. Hal ini juga diakui oleh seorang pengusaha matcha dari Jepang yang mengatakan jika permintaan matcha cukup besar tahun  lalu. Dia pun membuat kemasan matcha organik untuk single-serving.

Tak sampai di situ saja, matcha juga digunakan untuk membuat menu-menu dessert dan brunch. Matcha yang kaya akan antioksidan ini kian memang kian mendunia.    

Perkenalkan Adaptogens, Superherbs Untuk Memerangi Stres

Kalau kamu sudah sering mendengar superfood, maka kini perkenalkan superherbs. Beberapa jenis tanaman memiliki kekuatan super yang membantu tubuh untuk beadaptasi dengan stres dan mengatasinya dengan cara yang sehat. Keajaiban ini disebut dengan adaptogens. Beberapa tanaman yang termasuk adaptogens adalah daun kelor, Ashwagandha, maca, dan Ginseng. Jangan heran jika tak lama lagi kamu akan melihat bahan-bahan tersebut menghiasi menu-menu kafe atau dalam produk-produk kecantikan. Penelitian telah banyak dilakukan mengenai bahan-bahan yang dapat meringankan stres dan kesehatan, dan semuanya menunjuk pada superherbs ini.

Rumput Laut Semakin Booming

Rumput laut yang sering dikonsumsi oleh orang Jepang ini merupakan salah satu makanan yang padat nutrisi. Tanaman laut ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, kaya mineral, dan memiliki semua kandungan nutrisi yang ada di laut. Bahkan rumput laut disebut-sebut sangat berpotensial untuk memerangi perubahan iklim. Rumput laut bisa juga digunakan sebagai alternatif sehat pengganti garam yang digunakan di dalam makanan olahan.

Dalam bidang kecantikan, rumput laut semakin populer dipakai sebagai bahan perawatan kulit. Zat bioaktif yang diambil dari rumput laut sangat berguna dalam proses pembentukan sel-sel, sehingga kulit, rambut, dan kuku akan semakin sehat dan bersinar.  

Susu Kacang Kian Diminati

Susu kacang atau susu almond semakin menarik minat banyak orang karena dianggap sebagai solusi untuk mereka yang tidak tahan terhadap susu hewani. Orang-orang kini menginginkan produk yang lebih alami dan bebas emulsifier. Konsumen kian cerdas dengan mengamati kandungan bahan-bahan di dalam produk yang mereka beli. Merek OMilk memproduksi susu dari kacang mete, kenari, kacang macadamia, kacang Brazil, atau kacang pistasi. Di samping produk kemasan, mulai banyak pula kafe-kafe yang membuat susu kacang sendiri. Bahkan permintaannya pun semakin meningkat.


Nah ladies, tren yang ini sepertinya harus kamu ikuti supaya tubuhmu lebih sehat.