Featured Image Article 2376

4 Obat Batuk Tradisional Paling Manjur

Apapun jenis batuknya, pasti sangat mengganggu aktivitasmu. Namun, ada cara alami untuk menyembuhkan batuk dan tidak perlu mengekuarkan biaya mahal.

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Health

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada musim hujan maupun musim pancaroba. Apapun jenis batuknya, pasti sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, dan beristirahat tidak nyenyak. 

Untuk menghilangkan batuk, banyak cara yang bisa dilakukan. Banyak merek obat batuk baik sirup maupun tablet yang tersedia di toko dekat rumah. Sekarang ini, tidak sedikit orang yang beralih ke obat batuk tradisional. Sebab, obat batul tradisional dinilai lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk obat batuk Namun, mengobati batuk secara alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal. Berikut ini adalah obat batuk tradisional yang paling manjur:

Jeruk Nipis

Untuk mengobati batuk berdahak, jeruk nipis bisa digunakan dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah, satu buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.

Jahe

Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak. Cara membuatnya sangat sederhana, dengan mengiris jahe, direbus lalu air rebusan tersebut dituang ke dalam cangkir dan ditambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat. Atau bisa juga dengan menyiapkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas, masukkan ke dalam segelas teh hangat lalu minum sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Kencur

Dalam mengobati batuk, kencur sangat manjur apabila dipadukan dengan jahe. Caranya, siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat.

Belimbing Wuluh

Rasanya sangat asam dan sering digunakan sebagai salah satu bahan utama sayur asam, atau kadang diolah menjadi manisan belimbing wuluh. Namun, meskipun rasanya sangat asam, belimbing wuluh juga ampuh mengobati batuk. Caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum  hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.


Apapun penyakitnya, tentu membuat badan terasa tidak enak ya. Walaupun batuk terasa seperti penyakit sepele, tapi tetap saja bisa mengganggu aktivitasmu. Semoga informasi mengenai obat batuk tradisional yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat ya, ladies!