Featured Image Article 2395

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe mengganggu penampilanmu? Kamu bisa mencoba cara ini untuk mengatasi ketombemu.

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Hair

Ketombe merupakan masalah rambut yang membuat jengkel semua orang. Selain mengganggu penampilan, ketombe juga bisa mengakibatkan gatal dan bisa membuat rambut rontok. Penyebab dari munculnya ketombe ini adalah banyaknya produksi minyak rambut karena cuaca yang panas dan paparan dari sinar matahari yang menyebabkan rambut lepek dan lembab, sehingga menyebabkan rambut menjadi tempat yang sangat cocok untuk timbulnya ketombe. Penyebab lainnya adalah penggunaan sisir yang sama dengan orang yang memiliki ketombe sehingga memungkinkan penularan jamur penyebab ketombe melalui sisir tersebut. Jadi jangan menggunakan sisir yang sama dengen orang lain ya, ladies! Nah, kamu tidak mau kan mengalami permasalahan seperti itu, ladies. Yuk simak 3 cara menghilangkan ketombe secara alami.

Lidah buaya

Lidah buaya

Banyak dari kita yang tahu bahwa tumbuhan yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi masalah-masalah rambut. Salah satunya ialah menghilangkan ketombe dengan cepat. Kandungan dalam lendir lidah buaya sangat membantu meminimalisir produksi minyak oleh kulit kepala yang menyebabkan timbulnya ketombe. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyediakan sebuah lidah buaya kemudian ambil lendirnya untuk dibalurkan ke seluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat dengan lembut hingga meresap ke dalam kulit kepala. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini minimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Cuka putih

Cuka putih

Cuka putih ini ternyata dapat digunakan untuk membasmi ketombe. Selain berguna sebagai fungisida  atau anti jamur, cuka putih juga mampu membersihkan semua kulit kering yang akan menjadi cikal bakal dari ketombe. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan setengah gelas cuka putih dan setengah gelas air hangat kemudian basahi seluruh rambut dan kulit kepala sampil dipijat- pijat dengan lembut. Diamkan selama 8 jam, disarankan dilakukan sebelum tidur kemudian dibilas setelah bangun tidur. Lakukan cara ini maksimal 3 kali dalam satu minggu.

Minyak Almond

Minyak Almond

Cara ini adalah cara paling mudah dilakukan untuk menghilangkan ketombe, yaitu hanya dengan menyediakan satu sendok makan minyak almond kemudian balurkan pada rambut yang telah dikeramasi. Tutupi rambut menggunakan handuk kecil, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Nah, itu dia 3 tips mudah atasi ketombe dengan bahan-bahan alami. Selain mudah dilakukan, cara menghilangkan ketombe di atas sudah terbukti aman untuk kesehatan rambutmu. Selamat mencoba di rumah!