Featured Image Article 2400

Yuk, Latih Otot Panggul dengan Senam Kegel yang Sederhana!

Ladies pasti sudah tidak asing lagi dengan senam yang satu ini. Senam Kegel kini semakin banyak diminati karena memang memberikan berbagai macam manfaat bagi wanita.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Health

Salah satu masalah wanita yang sering dihadapi wanita, terutama bagi mereka yang sudah pernah melahirkan adalah mengendurnya otot panggul, yang menyebabkan berbagai ketidaknyamanan. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang direkomendasikan adalah senam Kegel. Senam ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Apalagi senam ini juga dipercaya mampu menambah kenikmatan ketika berhubungan seksual. So, rasanya memang pantas dicoba.

Mengapa Kegel Penting?

Otot panggul bisa melemah karena berbagai macam faktor, misalnya saja karena kehamilan, proses melahirkan, operasi, penuaan, ketegangan akibat muntah atau batuk kronis, serta obesitas. Tanda-tanda kamu memerlukan latihan senam Kegel antara lain adalah keluarnya sedikit air kencing pada saat bersin, tertawa, atau batuk, tiba-tiba tidak tahan ingin buang air kecil, dan mengompol. 

Senam Kegel bisa dilakukan selama masa kehamilan atau setelah melahirkan untuk mencegah masalah-masalah di atas selama belum terlalu parah.

Senam Kegel Bisa Menambah Kepuasan Seksual, Benarkah?

Ternyata senam Kegel juga sangat bermanfaat bagi kehidupan seksual seorang wanita. Wanita yang rutin melatih otot panggulnya dengan senam Kegel akan lebih mudah mencapai orgasme, bahkan juga lebih sering.

Semakin kencang otot, maka semakin kuat pula tekanan yang dihasilkan. Sehingga kontak antara Ms.V dan Mr.P pun lebih maksimal. Belum lagi otot yang sering dilatih akan meningkatkan distribusi di dalam pembuluh darah, sehingga semakin banyak pula darah dan oksigen yang dibawa ke area sensitif. Hasilnya, sensasi yang benar-benar berbeda.

Teknik Melakukan Senam Kegel

Untuk memulai latihan Kegel, berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan:

1. Temukan Otot Yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan otot yang tepat. Untuk mencari tahu yang mana otot panggulmu, berhentilah sejenak di tengah-tengah buang air kecilmu. Kalau berhasil, berarti kamu sudah menemukan otot yang tepat. Begitu menemukannya, kamu bisa melakukan latihan Kegel dengan posisi apapun, meskipun pada awal-awal latihan biasanya lebih mudah dilakukan sambil berbaring.

2. Sempurnakan Teknik

Sempurnakan tehnik dengan mengencangkan otot panggulmu, tahan kontraksi selama 5 detik, kemudian lepaskan selama 5 detik pula. Lakukan sebanyak 4 sampai 5 kali. Kemudian lanjutkan dengan kontraksi selama 10 detik, dan lepaskan selama 10 detik.

3. Fokus

Agar hasilnya maksimal, fokuslah pada otot panggulmu. Hati-hati untuk tidak mengkontraksikan otot perut, paha, dan pantat. Jangan menahan nafas. Bernafaslah dengan bebas selama latihan. Lakukan latihan sebanyak 3 set dalam sehari dengan 10 kali pengulangan. Senam Kegel bisa dilakukan kapan saja tanpa harus selalu didampingi instruktur. Jadi kamu bisa bebas melatihnya kapan dan di mana saja.


Jangan terlalu sering latihan Kegel dengan menahan pipis karena bisa mengakibatkan tidak tuntasnya air kencing yang keluar dan memicu infeksi saluran kencing.

Kalau kamu rajin melakukan senam Kegel, hasil latihan ini bisa mulai dirasakan dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Jadikan senam Kegel sebagai kebiasaan agar manfaatnya akan terus kamu dapatkan.