Featured Image Article 2420

Misteri Permata Biru di Laut Jepang Pada Musim Semi

Kamu penasaran dengan sesuatu yang berpendar indah di perairan Toyama Jepang ini? Berikut info lengkapnya!

Gita Photo
Gita
Blogger
di Travel

Pernahkah kamu melihat atau mendengar berita tentang pendaran cantik berwarna biru di garis pantai Toyama, Jepang? Kemungkinan besar kamu sudah pernah melihat foto-fotonya di internet. Biasanya terlihat di musim semi, bulan Maret hingga Mei. Sebenarnya apa sih itu? Apa itu permata atau berlian yang berkilauan? Atau alien menyerang bumi dimulai dari lautan? Jangan panik! Bukan permata, bukan juga alien kok!

Mereka yang memancarkan sinar itu adalah cumi-cumi yang tinggal di laut dalam atau firefly squid. Mereka tinggal di kedalaman 366m di bawah laut yang  pastinya gelap dibawah sana.  Seperti namanya, cumi-cumi yang berukuran kurang lebih 7cm ini bercahaya di kegelapan. Salah satu fungsi dari cahaya ini untuk menipu predator supaya bisa menghindari mereka. Mereka bekerja sama untuk melawan predator. Selain itu, guna dari cahaya biru ini untuk menantang saingannya dan memikat lawan jenis pada musim kawin. Itu yang kita lihat di pantai. Hebat kan? Bagaimana cara menikmati keindahan alam ini?

Sumber: boredpanda

Don’t worry! Ada satu tempat yang kamu bisa kunjugi dan ini satu-satunya tempat yang menjelaskan semua hal tentang firefly squid.  Terletak di pantai barat Jepang, kurang lebih 350 km dari Tokyo, kamu bisa mengunjungi Hotaruika Museum. Di sini kamu bisa belajar mengenai berbagai macam biota laut dan jika kamu mau lebih dekat untuk menonton dan mengenal lebih jauh tentang firefly squid, maka kunjungi museum ini pada 20 Maret hingga 31 Mei.

Tidak cuma belajar tentang cumi-cumi ini, kamu juga bisa mencoba makanan berbahan dasar cumi-cumi tersebut serta hewan laut lainnya.

Museum ini terdiri dari 2 lantai dengan 6 ruang yang dapat dikunjungi. Dibuka setiap hari kecuali pada hari Kamis dan hari libur nasional. Ada 2 harga tiket yang diterapkan. Jika kamu ingin melihat cumi-cumi pada musim kawin, 20 Maret hingga 31 Mei, harga tiket nya 800 Yen untuk dewasa dan 400 Yen untuk anak-anak. Jika kamu datang pada 1 Juni hingga awal Maret, harga tiketnya 600 Yen untuk dewasa dan 400 untuk anak-anak. Jam buka museum ini adalah dari 9-17.

Jangan lewatkan kesempatan musim semi nanti di terutama wisata lautnya!