Featured Image Article 2421

Bebaskan Tubuhmu dari Zat Berbahaya yang Mematikan dengan 5 Jurus Jitu Ini!

Ada lho, cara lain untuk hidup sehat selain dengan diet. Kamu juga bisa tahu rahasianya memiliki banyak energi buat kamu yang sering lemas disini.

Gita Photo
Gita
Blogger
di Health

Apakah kamu tipe orang yang sering merasa lemas dan tak bertenaga? Salah satu penyebabnya adalah bertumpuknya racun di dalam tubuhmu. Ada berbagai cara untuk mereboot badan dan pikiranmu, salah satunya dengan mendetoks diri. Dengan detoks, kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih fresh dan bebas racun. Detoks memang identik dengan diet, tapi tidak selamanya kamu harus diet untuk membebaskan tubuhmu dari racun, lho.

Berikut beberapa tips perubahan kebiasaanmu yang dapat mendetoks tubuh tanpa perlu menjalani diet.

1. Moto: Cintai Ususmu

Usus besar merupakan salah satu bagian penting di dalam tubuh. Usus merupakan saluran utama dalam sistem pencernaan yang kesehatannya sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Ketika makanan transit di usus besar, air diperas keluar dan diserap dari sisa makanan, jika terlalu lama berhenti di usus besar maka racun dari sisa makanan tersebut juga akan terserap. Menurut penilitian di Kanada, usus besar memiliki urutan kedua kematian yang disebabkan oleh kanker.

Bakteri di usus dapat membantu menyerap nutrisi dan mengolah makanan. Selain itu, bakteri tersebut juga mempengaruhi naik atau turunnya berat badan kita. Kamu dapat menyayangi bakteri ususmu dengan mengonsumsi makanan-minuman probiotik harian atau makanan seperti kubis asin atau kimchi. Fermentasi alami dapat membantu mencerahkan kulit. Mengonsumsi kurma, jus buah tanpa pemanis, jus apel, bawang putih, kacang-kacangan, jahe, bayam, brokoli, wortel, dan alpukat, makanan-makanan ini juga membantu mendetoks tubuhmu. Jika kamu sayang ususmu, perhatikanlah makanan yang akan kamu konsumsi.

2. Cari Teman Pengganti Kafein

Kafein sudah menjadi sebagian kebutuhan dalam kegiatan harian. Ketika berangkat kerja, sedang berbincang disaat istirahat, atau hanya sekedar menemani ketika membuat laporan. Kurang lebih 3-5 cangkir kopi kita minum dalam sehari. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan metabolisme dan memperparah  pra-menstruasi. Kenapa tidak sesekali ditemani matcha yang memiliki banyak antioksidan, untuk kehidupan yang lebih sehat? Jus buah atau sayuran, infused water merupakan alternatif lain yang mudah kamu dapatkan. Pelan-pelan kurangilah dosis asupan kopimu. 

3. Minum Vitamin

Kamu memerlukan suplemen tambahan untuk menemani harimu yang aktif. Jika kamu sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai nutrisi levelmu, itu bagus! Jika tidak, don’t worry! Ada berbagai multivitamin yang dapat diperoleh di pasaran dan jangan lupa vitamin D.

4. Minum Air Putih Secara Berkala

Ini hal penting agar memperlancar sistem kerja tubuh dan kerja ginjal. Mengapa berkala? Karena terkadang kita lupa bahkan sampai tidak sadar bahwa tubuh dehidrasi, terlebih jika kamu bekerja di dalam ruangan yang ber-AC. Jika memungkinkan, konsumsilah minuman H2O. Minuman ini membantu mengeluarkan toxin didalam tubuhmu dan dapat membuat kulitmu lebih sehat. Atau kamu bisa minum fusion water yang berisikan timun dan lemon. Timun untuk membantu mengurangi pembengkakan di sekitar wajah dan lemon untuk detoksifikasi, serta menambah energi.

5. Sikat Kering Badan dengan Body Brush

Jika kamu rutin mengerjakannya di pagi hari, kamu akan mendapatkan keuntungan luar dan dalam. Menstimulasi darah dan getah bening untuk memerangi selulit untuk mempercepat peremajaan sel-sel kulit.


Dengan melaksanakan hal-hal simple ini, kamu akan memulai hari mu dengan lebih segar dan penuh dengan tenaga. Kamu akan lebih produktif  dan sehat tentunya.