Featured Image Article 245

Kenali dan Perbaiki Kebiasaan Burukmu Saat Liburan

Hari libur adalah hal yang paling ditunggu-tunggu terutama kalian yang sibuk dengan rutinitas, tapi saat libur tiba kamu menjadi seenaknya dan terlena dengan segala kebiasaan burukmu

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Lifestyle

Hello Holiday!!! Mungkin itu yang sekarang ada di benak kamu. Liburan memang kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama bagi kamu yang selama ini disibukkan dengan berbagai macam rutinitas yang monoton. Saat musim liburan seperti ini, biasanya kamu akan menjadi lebih seenaknya, melupakan kebiasaan – kebiasaan baik yang biasa dilakukan. Yuk kenali dan perbaiki kebiasaan buruk saat liburan!

Kurang Tidur

Saat hari kerja, kurang tidur karena pekerjaan merupakan hal yang paling kamu keluhkan. Seharusnya kamu bisa tidak perlu mengalami kurang tidur saat liburan, tapi kamu justru sering mengabaikannya. Coba perhatikan seberapa sering kamu tidur pagi saat liburan? Banyaknya waktu kosong, membuat kamu menjadi lupa diri dan beraktivitas seharian. Membuat banyak acara dan janji dengan teman – teman sampai larut malam. Aktivitas liburan kamu yang seperti ini bisa mengubah siklus istirahat pad amalam hari dan akan merugikan saat kamu harus kembali beraktivitas seperti biasa. Ingat ya girls, kurangnya waktu tidur akan membuat stamina menurun dan membuat liburanmu menjadi sia – sia.

Banyak Ngemil Lupa Makan

Saat liburan, banyak dari kamu yang tidak berhenti mengemil. Tapi dengan rajin ngemil bukan berarti kamu sudah cukup makan dan melupakan jadwal makan 3 kali sehari. Hati – hati yah girls, banyak ngemil tanpa diikuti pola makan yang teratur malah akan membuat tubuhmu kelebihan kalori tanpa dipenuhi zat – zat mineral lainnya. Jadi, lebih baik kamu mengutamakan makan terlebih dahulu secara teratur dibandingkan cemilanmu.

Kurang Memperhatikan Kebersihan

Menikmati suasana liburan dan berpetualan ke tempat – tempat baru memang sangat menyenangkan dan terkadang membuat kamu lupa untuk tetap menjaga kebersihan badan. Padahal kamu tidak tahu bagaimana kondisi kebersihan di tempat tersebut. Biasakanlah membawa hand sanitizer dan tisu basah untuk mengantisipasi jika kamu pergi ke tempat yang sulit air bersih. Atau setidaknya kamu bisa memastikan bahwa tanganmu bebas dari kuman dan kotoran.

Makan Berlebih

Saat liburan datang, banyak orang mengesampingkan aturan – aturan yang selama ini mengganggu kebebasannya, mungkin kamu salah satu orangnnya. Aturan makan sehat dan jadwal diet menjadi tidak berlaku. Jadi sudah tahu dong jawabnnya, mengapa hanya dengan liburan 1-2 minggu bisa membuat timbangmu melonjak drastis, dan pakaianmu terasa mengecil. Seperti saat kamu sedang berpesta dengan teman – teman, berapa banyak alkohol yang kamu minum, atau berapa banyak popcorn yang masuk ke mulutmu saat kamu sedang menonton dvd hingga larut malam. Coba untuk tetap mematuhi aturan – aturan yang sudah kamu buat yah.

Walau sudah memasuki waktu liburan, bukan berarti kamu bisa libur dari aktivitas – aktivitas sehat selama ini yah. Dengan tetap menjalankan pola hidup sehat, liburanmu pasti lebih menyenangkan lho! Gak mau kan sakit saat liburan? (yo)