Featured Image Article 2491

5 Kesalahan Menyisir Rambut yang Sering Tak Disadari

Yuk miliki rambut sehat dan indah dengan menghindari 5 kesalahan ini.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Hair

Hal apa yang kamu lakukan pada rambutmu usai keramas, ladies?

Tentu saja salah satunya adalah menyisir. Rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur setelah disisir. Tetapi ternyata kegiatan sepele seperti menyisir pun sering dilakukan dengan cara yang salah lho. Sebaiknya kamu menyimak 5 kesalahan saat menyisir rambut berikut ini supaya kamu tidak melakukannya di kemudian hari :

Terlalu Sering Menyisir Rambut

Sering menyisir rambut juga tidak boleh?

Tentu saja tidak boleh, ladies. Terlalu sering menyisir rambut bisa membuat rambut jadi mudah patah atau bercabang. Jadi, kamu cukup menyisir seperlunya saja agar kesehatan rambutmu tetap terjaga. Gunakan sisir yang teksturnya lembut dan berukuran lebar supaya tidak merusak rambutmu.

Rambut yang Sudah Diluruskan Jarang Disisir

Rambut yang sudah lurus karena proses rebonding atau smoothing tetap harus disisir secara teratur. Karena menyisir akan membuat rambut lurus natural dan tampak lebih bervolume. Di samping itu, menyisir rambut juga akan mencegah kondisi rambut kusut.

Menyisir Rambut yang Masih Basah

Kebiasaan menyisir rambut setelah selesai keramas benar-benar dapat merusak rambut. Karena rambut berada dalam keadaan paling lemah ketika sedang basah. Sebaiknya kamu menyisir rambutmu sesaat sebelum keramas. Menyisirlah dengan seksama supaya tidak ada rambut yang kusut. Menyisir rambut ketika keramas cukup dilakukan dengan gerakan tangan yang lembut. Cara ini akan meminimalkan kondisi kerontokan rambut yang berlebihan.

Hanya Menyisir Ujung Rambut Saja

Merasa bagian rambut atasmu masih rapi, tentu tak jarang kamu hanya menyisir bagian ujungnya saja. Padahal minyak alami yang dihasilkan kulit kepala adalah conditioner terbaik untuk seluruh bagian rambutmu, Usahakan untuk menyisir rambut mulai dari bagian kulit kepala hingga ujung secara seksama. Kamu bisa memilih sisir yang terbuat dari kayu untuk menstimulasi peredaran darah pada kulit kepala. Jika peredaran darah lancar, tentu saja pertumbuhan rambutmu akan semakin sehat.

Menggunakan Sisir yang Tidak Pernah Dicuci

Mencuci sisir itu sangat penting lho. Sebab sisir mengandung minyak, kotoran, dan sisa-sisa sel kulit mati yang berasal dari rambutmu. Menyisir dengan sisir yang kotor hanya akan membuat rambutmu jadi kembali kotor usai keramas. Gunakan air hangat dan sedikit shampo untuk mencuci sisirmu secara teratur. Sisir yang senantiasa bersih tentu mendukung kebersihan rambut dan kulit kepalamu.


Kalau ingin memiliki rambut yang sehat dan indah, tentu kamu harus merawatnya dengan cermat. Apakah selama ini kamu sudah menyisir dengan benar, ladies?