Featured Image Article 2492

Ingin Membakar Banyak Kalori Saat Tidur? Begini Caranya!

Mau tahu cara mendapatkan tubuh ideal melalui pembakaran kalori saat tidur?

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Diet

Waktu tidur yang cukup dan berkualitas memang dibutuhkan oleh semua orang. Tubuh akan menjadi lebih bugar dan bersemangat setelah tidur semalaman. Lebih dari itu, kamu juga bisa membakar kalori secara maksimal saat tidur, lho.

Siapa sih yang tidak mau membakar kalori secara maksimal, bahkan ketika tidur. Selain bisa mendapatkan tubuh yang sehat, kamu pun akan mendapatkan bonus berupa proporsi tubuh yang ideal. Ingin tahu bagaimana cara membakar kalori lebih banyak saat tidur? Yuk, simak dulu ulasannya berikut ini!

Menurunkan Temperatur Kamar Saat Tidur

Temperatur ideal yang banyak digunakan orang-orang untuk kamar tidur berkisar pada angka 18 hingga 23 derajat celcius. Tetapi ternyata tidur dengan temperatur kamar di bawah 18 derajat celcius dapat meningkatkan proses pembakaran kalori, lho.

Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan kalau orang-orang yang tidur dengan keadaan kamar yang dingin memiliki kemungkinan membakar 7 persen kalori lebih banyak daripada mereka yang tidur pada temperatur hangat. Hal ini dapat terjadi karena pembakaran kalori harus berlangsung maksimal demi menjaga kestabilan temperatur tubuh. 

Menikmati Secangkir Teh Hijau    

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss, 6 dari 10 pria yang mengonsumsi teh hijau 3 kali sehari akan mengalami peningkatan pembakaran kalori pada 24 jam berikutnya. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam teh hijau rupanya dapat membantu proses pembakaran kalori.

So, tidak ada salahnya kalau kamu menikmati secangkir teh hijau sesaat sebelum tidur, ya. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, niscaya jumlah kalori yang terbakar saat tidur akan semakin banyak.

Melakukan Aktivitas Cardio Di Sore Hari

Aktivitas cardio rupanya tidak berhenti membakar kalori dalam tubuhmu sesaat setelah kamu selesai cardio. Jadi, tubuhmu tentu akan membakar lebih banyak kalori jika kamu melakukan aktivitas cardio di sore harinya. Untuk memaksimalkan manfaat cardio, jangan mengonsumsi makanan tinggi kalori setelah cardio, ya. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat seperti buah-buahan, sayur atau roti gandum.

Mengonsumsi Makanan Pedas

Ada kabar baik untuk para pecinta makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Kamu pun jadi tidak perlu ragu lagi menyantap makanan pedas di sore hari.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan pedas minimal 2 jam sebelum tidur, ya. Jangan sampai makanan pedas malah memicu peningkatan asam lambung karena kamu langsung tidur setelah makan. Makanlah sesuatu yang pedas dengan porsi seimbang supaya tidak menyebabkan masalah pencernaan.


Nah, keempat cara tersebut bisa segera kamu coba untuk memaksimalkan pembakaran kalori ketika tidur. Bersiaplah untuk memiliki waktu tidur berkualitas dan menjadi pribadi yang lebih bersemangat di esok hari. Yuk, tidur berkualitas untuk memaksimalkan pembakaran kalori!