Featured Image Article 2503

Olahraga Saat Musim Hujan, Siapa Takut!

Musim hujan sering kali menjadi penghambat untuk berolahraga di luar ruangan, dan menjadi alasan untuk tidak olahraga. Padahal kamu bisa melakukan beberapa hal ini, lho!

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Health

Mendung, hujan dan udara yang sejuk memang membuat kamu sangat nyaman berada di bawah selimut. Ini juga sering kamu jadikan alasan untuk tidak melakukan olahraga rutin yang biasa kamu lakukan. Padahal olahraga tidak boleh lho dilakukan setengah-setengah, apalagi lari.

Kamu tetap bisa berlari kok meskipun hujan, hanya kamu memerlukan trik khusus untuk menaklukan hujan agar tetap aman saat berlari. Ini dia trik yang harus kamu lakukan:

Be Bright

Baju warna neon untuk olahraga

Saat hujan biasanya jarak pandang para pengendara motor dan mobil menjadi berkurang. Supaya lebih aman, gunakan pakaian dengan warna-warna neon seperti kuning, pink, jingga, atau hijau agar kamu bisa terlihat jelas oleh mereka. Tentu saja kamu tetap harus berhati-hati ya! Usahakan untuk berlari di tempat khusus atau sepi kendaraan.

Pilihlah Baju Olahragamu dengan Cerdas

Gunakan jaket waterproof untuk melindungimu dari hujan

Untuk bagian atas, gunakanlah jaket dengan material waterproof, seperti nylon. Ini adalah hal yang penting untuk melindungimu dari udara dingin dan kehujanan yang membuatmu semakin kedinginan. Meskipun ini tidak membuat kamu tetap kering 100%, paling tidak jaket ini akan menjaga suhu tubuh kamu dan tidak membuatmu masuk angin. Gunakan topi untuk melindungi mata kamu dari air.

Lupakan Soal Latihan Kecepatan

Lupakan soal latihan kecepatan. Saat musim hujan tentu jalanan akan menjadi lebih licin dan beresiko menyebabkan cedera. Buatlah ini menjadi latihan ketahanan dan bersahabat dengan hujan. Untuk kamu yang memang ingin berlari kencang, lakukanlah di tempat gym atau rumah dengan menggunakan treadmill.

Keep Your Gadget Safe

Mendengarkan musik saat olahraga atau menggunkan aplikasi untuk mengetahui jarak dan kalori yang terbakar melalui gadget sudah jadi hal wajib. Kecuali gadget kamu memiliki kelebihan waterproof, kamu perlu menjaga gadget kamu tetap aman dari air hujan. Pilihlah perlengkapan lari yang memiliki kantong di dalamnya. Untuk lebih amannya lagi lengkapi gadget kamu dengan waterproof case, untuk berjaga-jaga.

Cek Alas Sepatumu

Cek alas sepatumu!

Perhatikan alas sepatu kamu, saat kamu memutuskan untuk berlari di musim hujan, pastikan alas sepatu kamu memiliki motif yang tebal agar tidak licin saat tekena air. Gunakan juga kaos kaki yang tipis agar tidak menyerap air telalu banyak, karena mau ataupun tidak, sepatumu pasti akan tetap basah.

Tapi kamu tidak perlu memaksakan diri untuk lari di luar ruangan saat hujan sudah benar-benar tidak bersahabat, berpetir, dan angin kencang. Kamu tetap bisa berlari dengan menggunakan treadmill kok!


So, jangan jadikan hujan sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga ya ladies!