Featured Image Article 2520

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Mengecilkan perut memang bukan perkara mudah. Namun sebenarnya, untuk menghilangkan lemak dari perutmu, kamu hanya perlu melakukan 5 hal sederhana ini.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Diet

Meski sudah sering diusahakan, tapi kenapa ya banyak yang masih gagal untuk mengecilkan perut? Memang mengusir lemak yang sudah lama menempel di perut pasti memerlukan waktu dan proses. Seperti halnya 5 cara mengecilkan perut di bawah ini yang sangat mudah dan sederhana untuk diikuti. Lakukan dengan konsisten, maka dijamin perutmu akan rata dan bebas dari tumpukan lemak.

5 Cara Praktis Mengecilkan Perut Buncit

5 cara mudah berikut ini akan membantumu menurunkan berat badan dan membuat lingkar perutmu semakin kecil:

Hindari Gula Serta Makanan dan Minuman Yang Mengandung Pemanis

Hindari gula

Pemanis sangatlah tidak sehat. Penelitian menunjukkan jika gula dapat mengganggu metabolisme tubuh. Gula merupakan zat semi-glukosa dan semi-fruktosa. Dalam jumlah besar, fruktosa hanya dapat diproses melalui hati. Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula pasir, hati akan dipenuhi dengan fruktosa, yang kemudian akan diubah menjadi lemak. Hal itulah yang menyebabkan tumpukan lemak di bagian perut. Jadi, kini saatnya mengurangi konsumsi gula jika kamu ingin perut yang lebih langsing. Termasuk pemanis yang terkandung di dalam minuman kemasan.      

Makan Lebih Banyak Protein Untuk Efek yang Lebih Lama

Makan protein lebih banyak

Protein merupakan makronutrien paling penting dalam proses mengecilkan lingkar perut. Cara ini terbukti mampu mengurangi keinginan untuk ngemil hingga 60%, serta meningkatkan metabolisme 80-100 kalori dan membuatmu makan 441 kalori lebih sedikit tiap hari. Salah satu studi menunjukkan jika semakin banyak jumlah dan bagus kualitas protein, maka semakin sedikit pula tumpukan lemak pada perut. Studi lain di Denmark juga membuktikan jika protein, terutama protein hewani, dapat mencegah penumpukan lemak perut dalam jangka waktu hingga 5 tahun. Jadi, tunggu apalagi? Perbanyak konsumsi proteinmu agar lemak perutmu menipis.

Kurangi Karbo Dari Menumu  

Kurangi konsumsi karbohidrat

Membatasi karbohidrat adalah cara yang sangat efektif untuk meluruhkan lemak. Ketika orang mengurangi konsumsi karbohidrat, nafsu makannya akan turun sehingga berat badannya pun ikut turun. Lebih dari 20 percobaan menunjukkan bahwa pola makan rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan 2-3 kali lebih banyak dibandingkan pola makan rendah lemak. Selain lemak, diet rendah karbo juga sangat efektif untuk mengurangi berat air di dalam tubuh, sehingga hasilnya langsung bisa kamu lihat hanya dalam beberapa hari.

Konsumsi Lebih Banyak Serat

Konsumsi serat lebih banyak

Serat memang sudah lama dikenal sebagai salah satu solusi untuk mengurangi berat badan. Namun ternyata tidak semua serat sama efektifnya. Serat dengan tingkat kekentalan yang tinggilah yang paling cocok karena makanan dengan jenis serat ini mengikat air dan membentuk gel kental yang akan bertahan lama di dalam perut. Proses pencernaan pun diperlambat sehingga perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makanmu akan berkurang dan lemak di perutmu pun akan berangsur hilang.

Latihan Aerobik

Latihan aerobik

Olahraga adalah salah satu kunci agar perut rata, sekaligus membuatmu semakin fit dan sehat. Latihan aerobik, seperti jogging, berlari, dan berenang, sudah terbukti bisa mengurangi lemak perut secara signifikan. Selain itu, melakukan olahraga tersebut juga sangat penting untuk mempertahankan bentuk perut, bahkan bermanfaat untuk mengurangi inflamasi, menjaga kadar gula darah, dan masalah metabolisme lain yang berhubungan dengan obesitas.


Selain itu, kamu sebaiknya juga lebih memperhatikan apa saja yang kamu makan dan seberapa banyak jumlahnya. Memang agak repot, namun untuk tahap awal mengecilkan perut, hal tersebut sangat membantu.