Featured Image Article 2573

Sering Susah Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Pernah nggak sih kamu merasa sulit buang air besar saat sedang jalan-jalan? Bahkan sering merusak mood kamu. Apa ya yang menyebabkan susah BAB, apa benar hanya kerena kurang buah dan sayur?

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Health

Percaya atau tidak, masalah buang air besar bisa jadi masalah serius yang megganggu kebahagiaan. Sehari saja tidak buang air besar rasanya bisa bikin uring-uringan. Rutinitas harian yang satu ini bahkan bisa jadi penentu mood kamu, Setuju, ladies?

Sebenarnya apa ya yang membuat kita sulit buang air besar?

Kamu Sedang Melakukan Perjalanan

Saat berpergian ke suatu tempat baru atau melakukan traveling, pernah nggak sih kamu merasakan susah buang air besar? Atau bahkan sering? Hal ini disebabkan karena pola makan kamu yang berubah. Menurut dietary guidelines dari U.S. Department of Health and Human Service, tubuh wanita dewasa membutuhkan minimal 25 gram serat per hari.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa sereal kaya serat di setiap perjalananmu. Jangan sampai perjalananmu rusak karena sulit BAB!

Stres!

Pada kenyataannya, stres bisa merubah kerja sistem perncernaan kamu. Hal ini disebabkan karena perubahan sistem saraf enteric yang terpengaruh akibat stres atau kurang tidur. Sarafenteric memiliki peran penting di dalam sistem pencernaan yang akan membuat kamu susah buang air besar.

Perubahan Kebiasaan

Olahraga memiliki banyak manfaat baik, dan sangat baik jika kamu sudah melakukannya secara rutin. Namun karena beberapa alasan kamu mulai jarang dan berhenti melakukan olahraga. Nah ini dia masalah yang membuat kamu susah BAB.

Apa hubungannya? Merubah kebiasaan kamu ternyata bisa berdampak pada berbagai sistem tubuh, termasuk kerja usus dalam mengolahan makanan. Jadi usahaka untuk tetap melakukan rutin melakukan kebiasaan sehat kamu.

Kurang Konsumsi Air (Dehidrasi)

Lagi-lagi dengan permasalahan kurang air yang mengganggu kesehatan kamu. Ingat yaladies, air adalah kompenen penting dalam tubuh yang bisa mengoptimalkan kondisi kesehatan kamu. Bukan hanya karena kamu akan mengalami dehidrasi, tapi saat air juga sangat membantu proses mengolah makanan di dalam tubuh. Meskipun kamu telah cukup makan banyak serat, tubuh akan tetap sulit memprosesnya saat kamu tidak minum cukup air.

Masih bandel juga?

Masalah Pada Saluran Pencernaan

Jika kamu merasakan sembelit terus menerus, dan merasakan sakit pada ujung pencernaan, mungkin kamu mengalami gangguan pencernaan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi obat pelancar sembarangan, atau membiarkannya dan membuat kondisinya semakin parah. Sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum terlalu parah yah!

Untungnya ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sulit BAB. Konsumsi makanan sehat, penuhi kebutuhan serat harian dan minum cukup air. Kamu juga bisa mengkonsumsi obat pelancar, tapi ingat janga terlalu sering dan jika dirasa sudah cukup parah sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli.