Featured Image Article 2593

7 Hal Asyik yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Earth Hour

Earth hour yang dimulai pada 2007 lalu di Australia kini sudah diikuti oleh negara-negara lain di dunia sebagai kampanye untuk menjaga planet kita. Lalu, apa yang bisa kita lakukan selama earth hour?

Santi Photo
Santi
Contributor
di Lifestyle

Gerakan earth hour diorganisir oleh World Wide Fund (WWF) sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran penduduk dunia untuk lebih mencintai lingkungan. Earth hour diadakan pada tanggal 19 Maret pukul 20.30 sampai 21.30. Selama earth hour, masyarakat diminta untuk mematikan penggunaan listrik yang tidak vital selama satu jam sebagai simbol komitmen mereka terhadap planet ini. Tapi tenang ladies, ketika listrik kamu matikan selama satu jam ada berbagai hal asyik yang bisa kamu lakukan bersama teman dan keluargamu. Yuk simak hal asyik apa saja itu.

Mengadakan Green Party

Karena temanya adalah green party maka makanan yang dihidangkan pun harus organik, memakai perkakas yang bisa dipakai kembali, menyalakan lilin, menggunakan dekorasi dari barang bekas, serta musik akustik. Kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan, seperti memberikan tips bagaimana menghemat energi dan lain-lain.

Energy Makeover

Energy makeover disini maksudnya adalah mengganti barang- barang elektronikmu dengan barang- barang yang ramah lingkungan.  Kamu bisa mengganti lampu lama dengan lampu fluorescent hemat energi, serta ganti juga filter AC. Tidak hanya lampu saja, kamu bisa mengganti barang- barang elektronik lainnya agar bisa hemat energi. Tidak hanya hemat energi yang bisa kamu lakukan untuk itu, tagihan listrikmu pun juga bisa tidak terlalu tinggi.

Perburuan Barang- Barang Recycle

Ketika earth hour dimulai, kamu bisa berburu barang- barang di sekitar rumahmu yang bisa didaur ulang. Siapkan senter dan mulailah berburu kaleng, botol atau kardus di lemari- lemarimu. Kemudian buatlah daftar barang- barang yang tidak bisa didaur ulang dan kamupun bisa mencari cara agar mengurangi penggunannya.

Jalan- Jalan Malam

Tanpa penerangan ketika earth hour langit malam akan terlihat lebih bersih. Sehingga inilah saat yang tepat untuk stargazing atau menikmati kerlap kerlip bintang di langit. Pasti kamu akan takjub sendiri dengan keindahan alam yang sering kamu lewatkan ini. Sambil berjalan-jalan di sekitar rumah yuk punguti juga sampah-sampah yang berceceran di jalan.

Berkumpul Bersama Keluarga

Meski teknologi penting, namun teknologi juga sering menjauhkan kedekatan antar keluarga. Earth hour adalah kesempatan yang sangat baik untuk mendekatkan kembali hubungan dengan keluargamu, ladies. Kamu bisa berkumpul, bercanda dan mengobrol tanpa gangguan gadget. Jangan lupa kamu juga perlu mengingatkan mereka untuk menjaga lingkungan dalam rangka earth hour ini.

Membuat Resolusi Untuk Bumi

Jangan biarkan momen earth hour berlalu begitu saja. Kamu bisa membuat resolusi ketika earth hour misalnya saja seperti mendaur ulang, mengurangi penggunaan mobil, mematikan barang elektronik dan sebagainya.

Nah itu dia ladies, hal- hal asyik yang bisa kamu lakukan ketika sedang earth hour. Selamat mencobanya, ladies!