Featured Image Article 2596

3 Sosok Wanita Indonesia yang Inspiratif

Tidak hanya cantik, wanita Indonesia ini rupanya juga merupakan sosok yang inspiratif lho. Siapa saja mereka?

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Featured

Seorang wanita memang selalu dituntut untuk tampil cantik, sopan, dan penuh kasih sayang, sesuai dengan kodratnya. Tapi tampil cantik di sini tentu tak melulu hanya mengurusi penampilan luar saja, ladies! Rupanya banyak sekali tokoh wanita Indonesia yang tidak melulu galau masalah asmara ataupun sibuk merias diri, mereka malah justru pontang panting mencari cara untuk mengaktualisasikan diri dan sebisa mungkin mencoba untuk bermanfaat bagi orang- orang di sekitarnya. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di sini.

Dian Sastro

Dian Sastro

Sumber: Seleb Update

Dian Sastro merupakan seorang aktris yang sudah tak diragukan lagi kemampuannya dalam berakting, bernyanyi dan dalam dunia modeling. Pemeran tokoh Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta ini ternyata rela meninggalkan panggung hiburan yang gemerlap demi melanjutkan pendidikannya. Dia berkuliah di Program Studi Filsafat Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2007, kemudian dilanjutkan ke jenjang master di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.Tidak hanya cantik dan berpendidikan, Dian Sastro juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama Dian Sastrowardoyo yang bergerak di bidang sosial.

Najwa Shihab

Najwa Shihab

Sumber: Youth Manual

Sosok wanita Indonesia yang inspiratif lainnya adalah Najwa Shihab. Presenter acara yang terkenal karena pertanyaan tajamnya di acara talkshownya ini tidak serta merta menjadi sukses dan terkenal seperti sekarang ini. Ia juga mulai berjuang dari bawah, sebagai seorang reporter di tahun 2006 dalam liputan mengenai bencana tsunami Aceh yang akhirnya membuahkan hasil berupa penghargaan sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV. Meskipun ia sering dituding bersembunyi di balik bayangan ayahnya Quraish Shihab yang seorang menteri, tapi pada akhirnya ia membuktikan kemampuannya pada talkshow Mata Najwa. Dalam acaranya inilah Najwa sering menguak fakta- fakta tak terduga yang seharusnya memang diketahui publik. Kesuksesan Mata Najwa, kekritisannya dalam bertanya, dan kecerdasannya dalam berargumen inilah yang mengantarkan Najwa pada penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 silam dari World Economic Forum (WEF) di Swiss.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Sumber: Liputan 6

Susi Pudjiastuti sebagai seorang sosok yang sempat kontroversial ketika diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini adalah salah satu wanita Indonesia yang inspiratif. Memang beliau tidak memiliki ijasah pendidikan tinggi, bahkan beliau hanya seorang tamatan SMA. Tapi hal ini tidak berarti bahwa beliau merupakan orang yang tidak berpendidikan. Karena ‘berpendidikan’ tidak melulu dibuktikan dengan selembar kertas yang berupa ijasah dan ‘sekolah’ juga tidak melulu di dapatkan di atas bangku perkuliahan. Beliau memiliki watak berani dan tegas dalam melaksanakan kebijakan. Hal ini terbukti saat beliau memerintahkan untuk menenggelamkan semua kapal- kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Saat ini beliau merupakan salah satu wanita yang paling ditakuti di seluruh dunia.

Nah, itu dia 3 tokoh wanita Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi, ladies! Kamu tak harus menjadi salah satu dari mereka, cukup jadilah dirimu sendiri dan lakukanlah yang terbaik untukmu dan orang lain, maka mungkin kamu akan bisa menjadi jauh lebih menginspirasi dari mereka!