Featured Image Article 260

Olahraga Efektif Untuk Turunkan Berat Badan

Saat sedang menjalankan program diet, kamu sering kali bingung olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan? Semua olahraga memang baik adanya, tapi manakah yang lebih tepat untuk dietmu, cek disini!

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Health

Mungkin kamu sedang menjalankan program diet namun merasa bingung olahraga seperti apa yang efektif. Antara melakukan latihan kardio atau latihan ketahanan. Sebuah penelitian dalam Journal of Applied Physiology memperlihatkan bahwa olahraga kardio lebih baik dalam membakar lemak dibandingkan latihan ketahanan tubuh. Dalam penelitian tersebut ditunjukan bahwa latihan kardio (memompa jantung) adalah pilihan terbaik untuk mengurangi kadar lemak dan massa tubuh. Namun bukan nerarti latihan beban (ketahanan tubuh) tidak baik, hanya saja kurang tepat dilakukan jika tujuannya membakar lemak.

Berikut ini beberapa fakta penelitian yang dilakukan pada 234 orang dewasa obesitas di Amerika :

Dalam Penelitian ini, responden dibagi menjadi beberapa grup olahraga, latihan kardio, ketahanan tubuh, dan gabungan keduannya. Setelah 8 bulan, ditemukan bahwa orang -orang yang melakukan kardio dapat mengurangi lemak di perut 20 kali lebih banyak dibanding orang yang melakukan ketahanan tubuh. Dan ternyata, mengkombinasi kedua aktivitas olahraga tersebut ternyata tidak lebihefektif dalam membakar lemak dibandingkan kardio saja.

Dalam latihan kardio, lemak digunakan sebagai sumber pembakaran energi, sehingga menjadi aktivitas yang efektif dalam menurunkan kadar lemak. Untuk mengurangi lemak dalam tubuh, dibutuhkan seberapa sering dan reguler kamu berolahraga, bukan seberapa berat latihanmu.

Latihan kardio, seperti jogging atau berenang, baik dilakukan 3 – 5 kali seminggu, dengan durasi 30-60 menit. Jika kamu baru akan memulai dan nmerasa itu terlaluberat, kamu bs memulai dengan 15 menit, 20 menit persesi dan tingkatkan secara  perlahan.

Latihan beban, memang mampu meningkatkan metabolism tubuh, sehingga memperkuat tubuh dan menambah massa tubuh, namun tidak efektif dalam mengurangi lemak. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri mana jenis olahraga yang paling tepat untuk tubuh dan kebutuhanmu. (yo)