Featured Image Article 2616

Hati-Hati! Inilah Bahaya Kepang Rambut Terlalu Sering!

Kamu memiliki rambut yang panjang dan suka sekali mengepangnya? Cobalah hentikan kebiasaan mengepang rambut setiap hari supaya rambutmu tetap sehat.

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Hair

Buat kamu para wanita yang memiliki rambut panjang, pasti sering melakukan tindakan yang satu ini pada rambutmu. Ya, mengepang! Mengepang rambut bisa menjadi salah satu cara alternatif mengatasi bad hair day atau rambut yang terlihat berantakan akibat tidak memiliki banyak waktu untuk menyisirnya. Selain itu, mengepang rambut juga merupakan cara yang praktis agar rambut tetap terlihat rapi dan cantik tanpa cara yang ribet.

Bahaya Terlalu Sering Mengepang Rambut

Tapi, ternyata ada bahaya yang mengintai rambutmu jika terlalu sering dikepang, apalagi jika kamu mengepang rambutmu sepanjang hari. Kebiasaan terlalu sering mengepang rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut hingga kebotakan. Menguncir rambut sepanjang malam kamu tidur juga bisa menjadi pemicu utama munculnya masalah kerontokan rambut.

Mengepang dan menguncir rambut terlalu sering setiap hari bisa menyebabkan ketegangan pada area folikel rambut sehingga rambut menjadi mudah pecah-pecah dan kulit kepala menjadi kering. Pada kasus tertentu, mengepang dan menguncir rambut yang terlalu sering juga bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal bahkan luka akibat kulit kepala yang mengelupas sehingga membuatmu cenderung ingin terus menerus menggaruk kepala dan menyebabkan rambut menjadi mudah rontok dan rusak.

Solusi mudah untuk mengatasi masalah ini adalah biarkanlah rambut indahmu tergerai dan bebas ikatan dari kunciran dan kepangan rambut supaya rambutmu lebih mudah bernapas dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan rambut lainnya.