Featured Image Article 2626

5 Cara Ampuh Hitamkan Rambut Secara Alami

Ingin rambutmu hitam secara alami? Ini dia 5 cara ampuh menghitamkan rambutmu.

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Hair

Rambut hitam natural memang merupakan idaman wanita Indonesia, ya kan ladies! Saat ini sudah sangat banyak produk perawatan rambut yang juga menawarkan hasil rambut hitam berkilau. Hanya saja, kebanyakan dari produk tersebut seringkali menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut dan bahkan tak jarang justru menimbulkan masalah baru seperti ketombe dan rambut rontok. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kita mencoba kembali ke cara-cara alami yang dapat menghitamkan rambutmu secara efektif dan pastinya tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Nah, bahan-bahan apa sajakah yang bisa kita manfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami? Yuk lihat disini.

Biji Pepaya

Biji pepaya yang biasanya kita buang ini ternyata mamiliki nutrisi yang dapat menghitamkan rambut secara alami, ladies! Caranya adalah dengan mengsangrai biji papaya atau bisa dengan cara dijemur seharian, kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut hingga sampai pada kulit kepala. Diamkan selama 3 jam, kemudian bilas dengan air bersuhu ruangan. Lakukan minimal 2 kali dalam satu minggu.

Teh Hitam

Cara menggunakan teh hitam untuk menghitamkan rambut adalah dengan cara memasukkan teh hitam pada air panas, aduk, kemudian tunggu hingga teh benar-benar dingin. Setelah itu oleskan air teh hitam pada rambut hingga ke kulit kepala dan diamkan selama 1 jam, kemudian bilas dengan air  bersuhu ruangan.

Kopi Hitam

Cara penggunaan kopi hitam ini hampir sama dengan menggunakan teh hitam yaitu dengan memasukkan kopi ke dalam air panas kemudian tunggu hingga benar-benar dingin dan siap diaplikasikan pada rambut. Setelah semua permukaan rambut telah berlumur air kopi hitam, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersuhu ruangan.

Mangga Mentah Beserta Daunnya

Buah yang biasanya kita makan sebagai pelengkap rujak ini ternyata memiliki khasiat tersembunyi untuk mengitamkan rambutmu lho, ladies! Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan menyediakan sebuah mangga mentah dan tiga lembar daunnya. Cuci bersih dan potonglah daging mangga mentah dalam ukuran kecil, kemudian tumbuk atau blender bersama dengan daunnya. Setelah halus, campurkan minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan ke seluruh permukaan rambut hingga ke kulit kepala. Diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 1 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Hampir semua orang tahu bahwa tumbuhan yang satu ini sangat baik untuk perawatan rambut. Salah satunya adalah menghitamkan rambut secara alami. Caranya pun sangat mudah hanya dengan menyediakan lidah buaya secukupnya, belah menjadi dua dengan bentuk memanjang, kemudian gosokkan daging buahnya pada rambut dan kulit kepala. Setelah itu kamu hanya perlu membilasnya dengan air bersih.

Nah, itu dia, ladies! lima cara alami untuk menghitamkan rambut. Selain tidak mengaadung bahan kimia berbahaya, bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah ditemukan. So, selamat mencobanya di rumah, ladies!