Featured Image Article 2746

4 Teknik Lari yang Tepat Untuk Mengencangkan Perut

Meski sudah diet dan berolahraga, lemak perut sering susah dihilangkan. Untuk mengencangkan perut, kamu harus mencoba teknik lari berikut ini!

Santi Photo
Santi
Contributor
di Health

Rajin diet dan olahraga keras tidak menjamin bisa mengencangkan perutmu lho, ladies. Berlari seringkali dijadikan sebagai alternatif untuk membakar kalori dengan cepat. Namun kamu harus mengetahui tekniknya agar upayamu berlari dengan susah payah tidak menjadi sia-sia. Yuk, simak teknik lari yang tepat untuk mengencangkan perut berikut ini!

Ubah Kecepatanmu

Interval atau jeda terbukti mampu mengurangi lemak perut, mengencangkannya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Cobalah untuk tidak berlari dengan kecepatan yang sama sepanjang waktu. Ubah teknik larimu dengan periode memaksimalkan kemampuan tubuh dan periode pemulihan. Kamu bisa meniru pola latihan yang satu ini: Lakukan pemanasan dengan berjalan selama 5 menit. Kemudian berjalan cepatlah selama 30 detik, lari 20 detik, dan sprint atau lari secepat mungkin 10 detik. Ulangi pola ini sebanyak 35 kali. Latihan ini tidak hanya mengecilkan lingkar pinggangmu, namun juga akan meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Tambah Waktu Berlarimu

Untuk menurunkan berat badan, kamu tidak bisa memilih-milih bagian mana yang ingin kamu turunkan. Kuncinya adalah dengan mengurangi lemak tubuhmu secara keseluruhan dan hal yang paling tepat untuk mengurangi lemak tubuh adalah dengan cara membakar kalori. Memperpanjang waktu olahragamu adalah salah satu cara yang efektif untuk membakar semakin banyak kalori. Setiap berlari selama 5 menit dengan kecepatan 10 menit per mil bisa membakar 45 kalori. Ingatlah hal ini agar kamu semakin termotivasi setiap kali berlari.        

Berlari Dengan Tumit Tinggi

Latihan keras akan menurunkan berat badanmu secara keseluruhan, termasuk mengecilkan ukuran perutmu. Untuk semakin mengencangkan perut, lakukan latihan lari dengan teknik ini: Lakukan interval atau jeda 1 menit untuk berlari dengan lutut diangkat tinggi. Fokuslah menggunakan otot-otot perutmu daripada otot-otot kakimu untuk mengangkat lutut setinggi mungkin. Perutmu pun akan semakin kencang dan kuat.  

Gunakan Treadmill

Sumber: Popsugar

Siapa bilang treadmill hanya untuk berjalan dan berlari? Kamu juga bisa memanfaatkan treadmill untuk membantumu mengenyahkan tumpukan lemak yang ada di perutmu. Pertama-tama, atur kecepatan treadmill 1.0 mph. Naikkan kaki pada plyo box atau bangku yang diletakkan sekitar 2 kaki di belakang treadmill. Ambil posisi plank dengan kaki di atas bangku dan tangan mengangkangi sabuk treadmill di tengah seperti akan push up. Letakkan tanganmu di sabuk treadmill yang bergerak, dan mulailah melangkah menggunakan tanganmu. Jaga tubuh agar tetap lurus. Lakukan latihan ini selama satu menit, dan perutmu pun akan semakin mengecil.   


Ladies, perut kencang akan membuatmu nyaman dan percaya diri mengenakan apa saja. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti latihan berlari untuk menghilangkan lemak perut yang satu ini ya!