Featured Image Article 2758

5 Jenis Olahraga Untuk Diet yang Tak Akan Menyiksa Wanita Gemuk

Gemuk bukanlah alasan untuk enggan berolahraga. Wanita gemuk bisa berolahraga tanpa menyiksa diri dengan 5 jenis olahraga ini.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Bagaimana mau kurus kalau tidak mau olahraga?

Kalimat di atas tentu benar ya, ladies. Tubuh sehat dan proporsional hanya bisa diperoleh dengan menjalani pola hidup sehat. Diet terkadang tak cukup untuk membentuk tubuh yang ideal. Sebab aktivitas fisik juga dibutuhkan untuk mendukung kekuatan tubuh dan pembentukan otot.

Sayangnya, wanita bertubuh gemuk kerap merasa minder dan menyerah duluan jika berhadapan dengan olahraga yang berat. Sebenarnya ada kok jenis olahraga yang tidak terasa menyiksa bagi wanita gemuk. Tubuh tak akan terasa rontok dan napas pun tidak tersengal-sengal jika wanita gemuk melakukan 5 olahraga untuk diet berikut ini :

Berjalan Kaki

Olahraga yang satu ini adalah olahraga utama yang direkomendasikan oleh American Health Association (AHA). Selain murah dan praktis, berjalan kaki sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Wanita gemuk tidak akan merasa terlalu lelah bila mencoba berjalan kaki secara rutin. Jika sudah terbiasa berjalan kaki, tingkatkan aktivitas fisikmu dengan cara berjalan lebih cepat atau membawa beban yang lebih berat. 

Menggunakan Sepeda Statis

Sepeda biasa tentu terasa berat dikayuh pada jalanan menanjak dan berbatu. Tetapi tidak demikian halnya dengan sepeda statis. Ukuran beban kayuh pada sepeda statis bisa diatur sesuai kemampuanmu. Ketika sudah terbiasa menggunakan peralatan olahraga yang satu ini, kamu pun bisa menambah waktu latihan atau beban kayuh secara bertahap.

Olahraga dengan Bantuan Bola Karet

Penggunaan bola karet di pusat kebugaran sedang menjadi tren lho, ladies. Selain nyaman untuk aktivitas fisik, menggunakan bola karet untuk berolahraga juga memiliki banyak manfaat. Gerakan-gerakan yang tepat saat menggunakan bola karet membantu proses pembakaran lemak berlangsung lebih cepat dan otot pun terbentuk secara maksimal. 

Lebih hebatnya lagi, bola karet bisa membantumu melatih otot perut. Lapisan lemak visceral yang menumpuk di perut pun bisa diatasi secara mudah asalkan kamu rutin melakukan senam dengan bola karet. 

Aqua Aerobic

Olahraga yang satu ini juga tengah digandrungi. Kolam renang memang tidak hanya untuk beenang saja. Melakukan aktivitas aerobik di air juga tak kalah menyenangkan. Tekanan air akan membuat proses pembakaran lemak semakin maksimal. Di samping itu, aerobik di air juga membuat sendi dan ototmu tidak rentan cidera. Rasa lelah yang luar biasa pasti kamu rasakan saat baru satu atau dua kali melakukan aqua aerobic. Namun jangan berhenti latihan di tengah jalan. Lanjutkan aktivitas fisik ini dan rasakan manfaatnya di kemudian hari.

Mengikuti Aneka Latihan di Kelas Kebugaran

Pusat kebugaran biasanya menawarkan berbagai kelas latihan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kemampuanmu. Pilihannya sangat beragam mulai dari kelas yoga, pilates, zumba, body pump, dan berbagai kelas lainnya.

Mengikuti aneka latihan di kelas-kelas pusat kebugaran membuatmu tak merasa sendirian. Semangat berolahraga pun kian meningkat karena kamu berolahraga dalam grup. Bonusnya, kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru bahkan dapat membentuk komunitas.


Menyambut hari olahraga internasional (international sport day) yang jatuh pada tanggal 6 April setiap tahun, sudah saatnya kamu menjadi pribadi yang lebih sadar kesehatan dan rajin olahraga, ya. Belum terlambat untuk mulai berolahraga dari sekarang lho, ladies.

Yuk bangkitkan semangat berolahraga mulai tahun ini. Bersiaplah menjadi pribadi yang lebih energetic dan percaya diri dengan penampilan yang senantiasa menarik.