Featured Image Article 2781

7 Cara Ampuh Membersihkan Karang Gigimu

Mau punya senyum indah tanpa gangguan karang gigi? Kamu bisa membersihkan karang gigimu dengan cara ampuh ini.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Tersenyum dengan gigi putih bersih pasti membuat kamu jadi percaya diri ya, ladies. Sayangnya, untuk bisa memiliki gigi putih bersih kamu harus menyeimbangkannya dengan sering sikat gigi karena sisa- sisa makanan yang tertinggal di gigi malah bisa menimbulkan karang gigi. Warna karang gigi yang menguning bahkan menghitam tentu mengganggu rasa percaya dirimu ketika tersenyum atau tertawa. Nah yuk simak cara membersihkan karang gigimu dengan mudah.

Rutin Menggunakan Benang Gigi

Menggunakan benang gigi secara teratur mampu mencegah penumpukan karang di sela-sela gigi. Gunakan secara perlahan-lahan agar benang gigi tidak melukai gusi. Jika sudah selesai menggunakannya, kamu bisa menyikat gigi atau berkumur dengan air bersih.

Campuran Garam dan Baking Soda

Garam dan baking soda merupakan campuran sederhana yang bisa memutihkan sekaligus menghilangkan karang gigi. Caranya membuatnya mudah lho. Campurkan 2 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam. Aduk hingga keduanya tercampur rata. Gunakan sikat gigi yang sudah dibasahi untuk mencolek campuran tersebut. Kemudian sikatlah gigimu seperti biasa. Gigimu akan menjadi lebih putih dan bersih usai menyikat gigi.

Menggunakan Kulit Jeruk

Setelah menyikat gigi di malam hari, siapkan kulit jeruk dan gosokkan bagian dalamnya ke seluruh permukaan gigimu. Tanpa perlu dibilas, biarkan selama semalaman dan berkumurlah di pagi hari. Untuk hasil maksimal, kamu perlu mengulanginya beberapa kali, ya.

Daging Lidah Buaya

Ternyata lidah buaya juga ampuh lho untuk menyingkirkan karang gigi. Kupaslah lidah buaya untuk mendapatkan daging buahnya yang transparan. Gosokkan daging buah ke permukaan gigi dan diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum berkumur. Gunakan perawatan gigi dengan lidah buaya ini 2 kali sehari agar warna gigimu kembali cemerlang. 

Banyak Makan Semangka

Satu jam setelah makan, kunyahlah buah semangka perlahan- lahan. Kandungan buah semangka dapat membantu melunakkan tekstur karang gigi sehingga karang gigi mudah hilang saat kamu menyikat gigi. Jangan lupa kumur- kumur dengan air bersih usai makan semangka agar kandungan gulanya tidak menempel di gigi.

Strawberry dan Tomat

Strawberry dan tomat sama-sama kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan mulut. Gosokkan strawberry atau tomat secara merata pada gigi kemudian diamkan selama 5 menit sebelum berkumur. Seperti semangka, strawberry dan tomat juga bisa membuat tekstur karang gigi menjadi lebih lembut.

Mengonsumsi Makanan Pedas

Kabar gembira bagi kamu yang suka makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas ternyata merangsang produksi air liur dalam jumlah yang banyak. Jumlah air liur yang mencukupi membuat plak dan sisa makanan tak mudah menempel di gigimu. Bahkan proses pembersihan karang gigi pun jadi semakin mudah.

Nah itu dia ladies cara ampuh untuk membersihkan karang gigimu. Sudah siap tersenyum dengan deretan gigi yang rapi dan bersih, ladies?