Featured Image Article 2816

Tips Praktis Touch Up Agar Makeup Tidak Jadi Menor

Ikuti tips ini supaya setelah touch up, makeupmu tak kelihatan makin menor di siang, sore, dan malam hari, ya!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Makeup

Sudah merias wajah secara maksimal di pagi hari, ketika menjelang siang hari pasti riasanmu mulai memudar. Wajah sih, ya. Apalagi jika kamu sering beraktivitas di tempat yang panas. Pasti makeup-mu yang super stunning jadi mudah memudar saat waktu beranjak siang.

Kalau makeup sudah memudar, berarti waktunya kamu untuk segera melakukan touch up, ladies!

Apa Itu Touch Up?

Secara sederhana, touch up bisa diartikan sebagai kegiatan memulas kembali wajah yang sudah dirias. Biasanya touch up dilakukan beberapa jam setelah kamu selesai menggunakan makeup. Alasannya, tentu saja aktivitasmu yang padat membuat makeup jadi memudar. Supaya tetap tampak menarik, jangan lupa melakukan touch up di sela-sela aktivitasmu.

Kenapa Sih, Touch Up Membuat Wajah Semakin Menor?

Sebenarnya touch up tidak akan membuat riasanmu tambah menor menjelang sore hari kok. Asalkan kamu melakukan touch up dengan cara dan produk kosmetik yang tepat. Bedak jenis translucent powder atau yang lebih akrab disebut invisible shade adalah bedak yang tepat untuk proses touch up.

Sebab bedak yang satu ini bisa menghilangkan efek mengkilap karena minyak berlebihan di wajah. Tak seperti bedak biasa, invisible shade tidak akan menciptakan efek riasan yang tebal pada wajah. Sebab bedak yang satu ini memang khusus untuk memulas wajah kembali setelah selesai makeup.

Jangan Lupakan Hal Ini Sebelum Touch Up!

Sebelum touch up, kamu harus memastikan bahwa wajahnya sudah bebas dari keringat dan minyak ya, ladies. Sebab minyak dan keringat tak hanya membuat makeup jadi tak menempel sempurna, tetapi juga berpotensi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Bersihkan wajahmu dengan kertas minyak atau tisu untuk menyingkirkan minyak dan keringat. Jangan menggosok wajah terlalu kuat, ya. Kamu cukup menepuk-nepuk wajah dengan lembut agar makeup yang masih menempel tidak terhapus. Bersihan wajah secara menyeluruh dari bagian dahi, T-zone, hingga leher. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan bedak touch up secara merata pada wajah dan leher. Bila penampilan wajah masih terlalu pucat, gunakan sedikit blush on agar wajah tampak lebih segar dan merona.

Makeup pada mata juga harus dirapikan dengan tisu atau cotton bud. Kemudian gunakan kembali eye shadow sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk bagian bibir, kamu bisa menggunakan lip balm atau lip gloss untuk menciptakan penampilan bibir yang alami dan sehat.


Penampilanmu selalu stunning dan menarik dengan makeup yang tahan lama sepanjang hari. Ketika makeup mulai memudar, segera lakukan langkah touch-up yang benar untuk mempertahankan penampilanmu yang memukau, ya. Tak perlu takut wajah jadi menor bila kamu sudah mahir mengaplikasikan jenis makeup yang tepat.