Featured Image Article 2855

Kiat Jitu Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah Secara Alami

Punya masalah bekas jerawat yang menjadi flek hitam mengganggu pada wajahmu? Cobalah serangkaian bahan alami yang terkenal ampuh mengusir flek hitam pada wajah!

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Skin Care

Apakah kamu punya masalah dengan bekas jerawat yang berujung pada munculnya flek hitam yang sangat mengganggu kebersihan wajahmu, ladies? Noda atau flek hitam pada wajah memang biasanya disebabkan oleh bekas jerawat yang tidak bisa hilang. Tentu saja ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya noda hitam selain jerawat yaitu gangguan keseimbangan hormon, stres bahkan kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh. Lalu, adakah cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit wajah yang satu ini? Tentu saja ada dan pastinya dengan cara yang alami. Gunakanlah beberapa bahan alami dibawah ini sebagai solusi atas permasalahan noda-noda hitam pada wajahmu.

Lemon

Lemon

Nampaknya buah yang satu memang memiliki berbagai keajaiban yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah termasuk masalah flek hitam. Lemon yang mengandung asam sitrat terbukti mampu membantu menghilangkan sel- sel kulit mati pada wajah sekaligus memicu pertumbuhan sel kulit yang baru dan mencerahkan kembali warna kulit yang gelap akibat noda hitam.

Cara mengaplikasikan buah lemon untuk mengatasi masalah noda hitam juga tidaklah sulit. Cukup ambil beberapa potong buah lemon kemudian peras airnya dan taruh di dalam sebuah wadah. Kemudian, oleskan perasan air lemon ke seluruh bagian wajah dengan kapas dan usapkan dengan lembut. Setelah itu, biarkan mengering dalam beberapa menit dan bilaslah dengan air bersih.

Pepaya

Pepaya

Buah pepaya memiliki enzim papain, yaitu enzim yang memiliki manfaat baik untuk kebersihan dan kecantikan kulit. Enzim papain ini terbukti mampu mengelupaskan kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga noda hitam yang merupakan sel kulit mati wajah bisa terangkat sempurna dan membuat kulit terasa lebih segar dan bersih.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan noda hitam juga sangat mudah. Hancurkan buah pepaya sampai menjadi bubur kemudian gosokkan secara perlahan ke bagian wajah yang memiliki noda hitam. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

Kentang

Kentang yang biasanya kamu jadikan berbagai olahan makanan ini ternyata juga bisa menjadi pilihan bahan alami dalam menuntaskan masalah noda hitam. Berbagai zat baik yang ada di dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B kompleks dan bermacam jenis mineral dikenal mampu merangsang pembentukan kolagen dan mengurangi munculnya bintik hitam mengganggu pada wajah.

Cara penggunaan kentang untuk menuntaskan masalah noda atau bintik hitam pada wajah juga tidak terlalu jauh berbeda dengan bahan alami lainnya. Cukup siapkan 2 sampai 3 buah kentang kemudian parutkan sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Lalu, peras kentang menggunakan saringan yang sudah bersih kemudian tambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Usapkan pada wajah yang terdapat noda hitam kemudian diamkan selama 20 menit. Bilaslah dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa membantumu menuntaskan masalah noda atau bintik hitam yang menutupi cerahnya kulitmu. Semoga bermanfaat!