Featured Image Article 292

Perbedaan Stretch Mark dan Selulit

Kamu pasti sering mendengar istilah stretch mark bukan? Tapi mungkin kamu belum tau apa itu stretch mark. Sering kali kita salah kaprah dan mengganggap stretch mark sama dengan selulit.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Skin Care

Selulit muncul ketika banyak lemak menumpuk di kulit dan terjebak dalam rongga kulit sehingga terlihat seperti bergelombang. Selulit sering terlihat disekitar bokong, paha, pinggang dan payudara. Penumpukan lemak ini terjadi karena pengaruh hormon, gaya hidup dan metabolisme. Selulit bukan saja hanya monopoli kaum perempuan, tapi pria juga bisa memiliki selulit. Seorang bayi juga bisa memiliki selulit jika terlalu gemuk.

Untuk mencegah terjadinya selulit, kamu bisa mengurangi konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol. Konsumsilah sayuran hijau, buah – buahan, bawang bombay, dan bawang putih yang sangat baik untuk pembuangan lemak dan toksin dalam tubuh kamu. Untuk tingkat selulit yang tidak terlalu parah, kamu bisa melakukan pemijatan, untuk melancarkan aliran darah sehingga lemak – lemak yang menumpuk bisa terbuang.

Sedangkan stretch mark adalah hilangnya atau menipisnya permukaan kulit, sehingga terjadi cekungan-cekungan di permukaan kulit, dan biasanya ditemukan diarea perut. Biasnya stretch mark terjadi karena kulit mengalami perubahan peregangan dalam waktu cepat. Peregangan ini tidak bisa lagi diatasi oleh elastisitas tubuh, sehingga kulit akan pecah dan mulai timbul guratan atau garis-garis.

Stretch mark biasanya terjadi pada ibu hamil, perubahan dari kurus ke gemuk atau sebaliknya, dan bisa juga karena penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh. Wanita dengan kulit putih berisiko mengalami stretch mark dibandingkan wanita kulit hitam. Hal ini dikarenakan kadar pigmen melanin pada kulit hitam jauh lebih banyak yang diduga dapat menurunkan risiko stretch mark.

Stretch mark sesungguhnya tidak dapat dihilangkan, tetapi kamu bisa mencegahnya saat masih berwarna kemerahan (tahap awal).  Tapi kamu nggak perlu khawatir, walau tidak bisa dihilangkan, kamu bisa menyamarkan garis – garis stretch mark dengan cara yang alami.

Semoga berguna informasinya ya! Selamat mencoba!

 

Kawaii Beauty Japan Newsletter