Featured Image Article 2977

6 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Meski ketombe bukanlah gangguan yang serius, namun kehadirannya seringkali membuat tidak nyaman. Yuk, coba 6 cara menghilangkan ketombe secara alami ini!

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Tidak hanya kulit wajah, kulit kepala juga bisa saja berminyak. Kondisi kulit kepala berminyak seringkali memicu timbulnya ketombe. Namun, penyebab ketombe yang sesungguhnya adalah jamur malassezia globosa yang memerlukan minyak untuk tumbuh. Oleh sebab itulah ketombe banyak ditemui pada mereka yang memiliki rambut berminyak.

6 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa coba cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami ini.

Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan baking soda

Baking soda dapat menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepalamu, sehingga kulit kepala lebih sehat dan bebas ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan baking soda adalah dengan mencampur 1-2 sdm baking soda dengan air hangat. Gunakanlah air campuran tersebut untuk memijat kulit kepalamu selama 2 menit. Diamkan beberapa detik sebelum membilasnya. Untuk menyeimbangkan pH baking soda yang tinggi, gunakan beberapa tetes cuka apel untuk membilasnya. Lakukan cara menghilangkan ketomba dengan baking sodahal ini secara rutin selama 2 minggu.  

Lemon

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan buah lemon.Buah asam yang satu ini sudah lama digunakan sebagai bahan untuk mengatasi jerawat dan ketombe. Lemon dapat mengurangi gatal-gatal pada kulit kepala. Untuk menggunakannya, sebaiknya kamu tidak langsung mengoleskannya pada kulit kepala karena lemon mengandung asam sitrat. Pertama-tama rebuslah campuran air perasan dari 4 buah lemon dan 4 cangkir air selama 20 menit. Dinginkan, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk keramas. Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut sehat tanpa ketombe.

Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunaka cuka apel

Karena cuka apel memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakteri, bahan ini sangat membantu mengatasi penyebab ketombe. Menggunakannya setiap hari akan memberikan hasil yang lebih efektif dan cepat. Untuk yang sudah parah, cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan cuka apel, kamu bisa mengaplikasikan cuka apel tersebut langsung ke kulit kepalamu dan memijatnya selama 5 menit setiap hari. Untuk ketombe ringan, kamu bisa mengombinasikan cuka apel dengan sampo, atau mencampurkannya dengan air (1:1).

Telur

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan telur

Telur tak hanya bisa digunakan sebagai perawatan alternatif bagi kulit, namun juga merupakan solusi efektif untuk mengatasi ketombe. Kocok 2 butir telur, dan oleskan pada kulit kepalamu. Tutupi rambut dengan plastik agar telur tidak berceceran. Setelah 1 jam, buka plastik pembungkus dan bilaslah dengan sampo yang lembut. Rambutmu pun akan bersih dari ketombe dan lebih bercahaya.

Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan garam

Siapa sangka jika garam ternyata juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami? Kamu hanya perlu mengambil sedikit garam, dan menggosokannya pada kulit kepala. Diamkan selama setengah jam agar garam dapat bekerja mengangkat serpihan-serpihan ketombe dari kulit kepala. Setelah itu keramaslah menggunakan shampo yang lembut. Ulangi 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Bawang Putih

Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan bawang putih

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk mengatasi mikroorganisme merugikan, dan menghilangkan ketombe yang parah. Buatlah pasta dari bawang putih yang dihaluskan. Gunakan pada kulit kepala, dan bungkus rambutmu dengan plastik. Biarkan semalaman, kemudian bilaslah dengan shampo di pagi harinya. Lakukan setiap hari sampai ketombe benar-benar hilang dari rambutmu. Cara ini juga bisa menyuburkan pertumbuhan rambutmu, lho.


Cukup mudah dan murah kan? Manakah cara menghilangkan ketombe secara alami favoritmu? Selamat mencoba, ladies!