Featured Image Article 2998

Cara Menghilangkan Lemak di Perut dengan Olahraga HIIT

Tahukah kamu jika lemak perut adalah salah satu lemak yang paling susah dihilangkan? Untungnya, studi baru- baru ini menemukan jenis latihan yang sangat efektif untuk menghilangkan lemak di perutmu.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Diet

Memiliki perut buncit karena lemak pastinya akan membuatmu kurang percaya diri kan, ladies. Alasan kenapa kamu harus mengurangi lemak perut bukan hanya karena kehadirannya mengganggu penampilanmu, namun juga karena lemak di bagian tubuh ini juga sangat tidak sehat. Letaknya yang berada di rongga perut dan mengelilingi beberapa organ penting tubuh bisa mengancam kesehatanmu. Oleh sebab itulah para ilmuwan berusaha mencari latihan apa yang paling baik untuk mengurangi lemak tersebut. Untuk kamu yang ingin mengurangi lemak di perut, kamu bisa melakukan HIIT (High- Intensity Interval Training).

Apa itu HIIT?

HIIT (High- Inttensity Interval Training) adalah olahraga dengan waktu yang pendek namun intensif, sehingga memaksamu untuk mengerahkan seluruh kemampuan tubuhmu, sehingga latihan ini mampu membuang lemak yang paling bandel, yaitu lemak perut. Manfaat dari HIIT yaitu tidak hanya mampu menurutkan berat badan secara keseluruhan, namun lingkar pinggag mereka juga mengecil. Hal tersebut menandakan pengurangan lemak perut dalam jumlah yang lebih signifikan dibandingkan grup lainnya yang hanya fokus pada latihan steady-state. Bonus lain yang didapatkan dari grup yang melakukan latihan HIIT adalah performa pernafasan mereka menjadi lebih baik daripada grup yang tidak melakukan HIIT.

Cara Melakukan Latihan HIIT  

Latihan 1: Jump Squat

Olahraga jump squat

Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu. Tekuk lutut, rendahkan pantat, dan arahkan lengan ke depan. Posisi paha dan lengan harus sejajar dengan lantai. Kemudian melompatlah. Arahkan dada ke depan, dan lengan ke belakang. Lakukan sebanyak 15 kali.

Latihan 2: Push Up

push up

Ambil posisi push up dengan jarak kaki selebar pinggul. Posisikan telapak tangan menelungkup tepat di bawah pundak. Tekuk sikumu sampai posisi dada 4- 5 inch dari lantai sembari menekan pantat. Angkat naik kembali tubuhmu tanpa mengubah posisi pinggul dan punggung. Lakukan 10 kali.

Latihan 3: Burpee dengan Lompatan

Burpees

Posisikan kaki dengan jarak selebar 4- 6 inch. Tekuk lutut dan rendahkan pinggulmu sampai jongkok, kemudian letakkan tanganmu di lantai, tepat di bawah bahu. Lempar kakimu ke belakang ke posisi push up. Setelah itu angkat kaki ke depan dan melompatlah dengan bantuan lenganmu. Lakukan 10 kali.

Latihan 4: Squat dengan Lemparan Bola Ke Atas

Squat dengan bola

Berdiri dengan kaki selebar bahu dan bawalah bola seberat 8-10 pon di depan dadamu. Tekuk lutut, rendahkan pinggul seperti saat squat, dan tahan posisi ini selama 2 detik. Kemudian tekan kakimu ke atas dan lempar bola ke atas. Tangkap bola tersebut dan kembali ke posisi awal. Lakukan 20 kali.

Latihan 5: Duduk Dengan Bola

Duduk dengan bolaDuduklah di lantai dengan 5-8 pon bola di dadamu. Condongkan badan ke belakang, punggung lurus dan dada diangkat. Putar bahu dan pinggangmu ke kanan dan tempelkan bola ke atas lantai. Putar kembali tubuhmu ke depan dan angkat bola ke atas kepalamu. Setelah itu turunkan bola, dan putar tubuh ke kiri dan tempelkan bola ke lantai. Ulangi 30 kali.

Nah itu dia ladies, cara menghilangkan lemak di perut secara mudah dan ampuh. HIIT ini juga bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Jadi, sekarang sudah tidak ada alasan memiliki lemak di perut lagi kan?