Featured Image Article 3003

5 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas

Tak jadi masalah jika sesekali kamu tidak menggunakan sepatumu yang nyaman itu. Justru kamu bisa mendapat manfaat kesehatan lho!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Setiap kali bepergian, kamu pasti menggunakan alas kaki yang bagus. Alas kaki yang nyaman memang membuat gerakanmu jadi leluasa. Tetapi tahukah kamu kalau berjalan dengan telanjang kaki juga tak kalah bermanfaat jika dibandingkan dengan alas kaki yang nyaman? Beberapa manfaat ini bisa kamu peroleh bila kamu kerap melakukan aktivitas fisik dengan telanjang kaki, yuk simak.

Melatih Kekuatan Otot Kaki

Kaki berotot

Otot kaki akan menjadi lebih kuat jika kamu berjalan dengan telanjang kaki. Karena hal ini akan merangsang otot- otot pergelangan kaki, betis, lutut, dan paha untuk berkontraksi secara maksimal. Selain itu, saraf- saraf pada telapak kaki juga terstimulasi dengan baik selama kamu bertelanjang kaki. Sehingga aktivitas fisik yang dilakukan dengan bertelanjang kaki akan memberikan manfaat efektif bagi kebugaran tubuhmu.

Membakar Kalori Lebih Banyak

Membakar kalori

Menurut informasi yang dirilis oleh Berkley Wellness, kamu bisa membakar kalori 50% lebih banyak ketika berjalan dengan telanjang kaki di tempat berpasir. Sebab butuh energi 2,1 hingga 2,7 kali lebih banyak ketika berjalan cepat di atas pasir dibandingkan dengan berjalan di aspal yang keras.

Meminimalkan Risiko Cidera

Tidak cedera

Tahukah kamu, ladies? Faktanya, risiko cidera justru meningkat jika kamu menggunakan alas kaki yang empuk untuk berjalan terlalu jauh. Alas kaki yang empuk biasanya membuat letak tumit jadi lebih tinggi dan merasa nyaman. Berdasarkan penuturan Daniel Lieberman, PhD , profesor biologi bidang evolusi manusia dari Harvard University, bantalan pada sepatu olahraga yang diproduksi tahun 1970- an malah menambah risiko cidera kaki. Bantalan sepatu berusaha meredam tekanan yang diterima tumit sehingga hal ini bisa membuat postur tubuh pengguna sepatu mengalami perubahan. So, kalau tak mau cidera, sebaiknya kamu mengurangi penggunaan alas kaki ketika sedang berolahraga, ya.

Membuatmu Jadi Lebih Rileks

Relax tidak menggunakan sepatu

Setelah seharian menggunakan sepatu, kakimu juga harus mendapatkan waktu rileks yang cukup. Tidak susah membuat kakimu lebih rileks. Cukup bertelanjang kaki di atas pasir atau tanah yang kering. Penelitian yang dilakukan di University of Exeter menyatakan bahwa orang yang sering berlibur dan bertelanjang kaki di pantai memiliki kesehatan yang lebih baik dan risiko stres yang rendah. Kamu pun tak perlu ragu lagi bersantai di pantai tanpa alas kaki untuk melepas kejenuhan.

Membantu Proses Eksfoliasi Kulit

Exfoliating feet

Pasir yang basah rupanya mampu membantu proses eksfoliasi kulit secara alami. Ketika kamu berjalan atau berlari di atas pasir basah dalam waktu yang cukup lama, sel-sel kulit mati akan terlepas karena bergesekan dengan pasir tersebut. Usai bertelanjang kaki di pasir basah, kamu tinggal mencuci kaki hingga bersih untuk mendapatkan kaki yang lebih sehat dan lembut.

Hal yang paling penting ladies, ketika berjalan kaki tanpa alas, agar risiko luka dapat dihindari pilihlah tempat yang aman untuk bertelanjang kaki, ladies. Hindari bertelanjang kaki di aspal atau tempat bertekstur kasar lainnya karena hal tersebut malah bisa merusak kulit kakimu. Jangan lupa untuk segera membersihkan kaki setelah selesai beraktivitas fisik di pasir atau tanah, ya.