Featured Image Article 301

Santap 6 Makanan Enak Ini di Saat Diet!

Saat diet pasti tersiksa saat melih makanan ya? Eits, sipa bilang diet ga bisa makan enak? Yuk simak artikel ini!

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Diet

Kamu salah jika berpikir makanan diet pasti tidak enak! Siapa bilang? Jangan takut untuk diet hanya karena harus menderita dengan makanan yang tidak enak. Kamu tetap masih bisa kok menikmati makanan-makanan enak seperti biasa. Tapi ingat tetap harus memilih makanan yang menyeimbangkan dietmu. Apa saja makanan tersebut? ini dia makanan enak yang tidak mengganggu dietmu!

 

1. Sushi

Banyak orang yang menjadikan makanan dari Jepang yang satu ini sebagai makanan favorit mereka. Topping pada sushi, sebagian besar bersumber dari protein hewani yang rendah lemak dan tinggi protein. Perpaduan antara olahan beras dan ketan membuat makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Tetapi hati-hati pada topping sushi yang berkalori tinggi, seperti keju dan mayones. Disarankan memilih sushi yang original, dengan topping ikan atau sayuran. Kamu juga bisa menjadi sashimi sebagai pilihan lainnya.

BACA JUGA: Sehatnya Sushi

2. Kalkun

Hewan unggas yang satu ini, ternyata mengandung asam amino triptopan yang bisa menghasilkan serotonin pada otak. Serotonin adalah zat yang akan membuat kita merasa kenyang.

Selain kalkun, kamu juga bisa mengkonsumsi ayam panggang sebagai pilihan lainnya. Tapi ingat, jangan gunakan bumbu kemasan cepat saji, pilihlah bumbu segar yang dibuat sendiri.

3. Produk Olahan Susu

Sering kali kamu menghindari makanan-makanan yang berasal dari susu saat sedang diet. Padahal produk olahan susu ini  justru akan membantu menghancurkan lemak di dalam tubuhmu.

Kalsium yang terdapat dalam produk olahan susu lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan kalsium yang kamu dapat dari suplemen.

Menurut penelitian, meminum yogurt 3 kali sehari berhasil menurunkan 61% lemak tubuh, dan berat badan turun rata-rata 7,5 kg. Mengkonsumsi kalsium dipercaya mampu menghambat kenaikan berat badan setelah berhenti diet.  Jadi, kamu nggak perlu menghindari makanan ini, tapi pilihlah susu atau yogurt rendah kalori atau rendah lemak.

4. Smoothies Buah

Caranya cukup mudah, kamu cukup mencampurkan beberapa buah kesukaanmu dengan susu atau yogurt rendah lemak. Usahakan untuk tidak menambahkan gula, tapi jika memang diperlukan, kamu bisa menambahkan sedikit saja, jangan berlebihan.

Kamu juga bisa memilih grapefruit sebagai salah satu buah. Buah ini dipercaya bisa menurunkan berat badan tanpa mengubah pola makan. Konsumsi setengah buah sebanyak 3 kali sehari untuk menurunkan 1,8 kg selama 12 minggu.

Kamu juga bisa mengganti cemilanmu dengan buah apel yang segar dan kaya serat, sehingga memberikan rasa kenyang.

BACA JUGA: Panduan Memilih Buah Segar Untuk Tubuh Bugar

5. Salad

Makanan diet yang satu ini tentu sudah kamu kenal. Tidak ada yang salah dengan makanan yang satu ini, tapi kamu perlu memerhatikan penggunaandressing yang sering kali berlebihan seperti mayones.

Kamu bisa menggantinya dengan olive oil dan merica atau bumbu rempah lainnya.

Asinan juga bisa kamu jadikan pilihan, dengan menambahkan potongan telur atau tahu rebus agar lebih kenyang.

6. Kacang

Saat diet kamu tidak perlu takut untuk memakan cemilan. Pilihlah cemilan seperti kacang almond yang  bisa merangsang homon koleksistokinin yang akan membuatmu merasa kenyang.

Atau Walnut dengan omega-3 yang akan membakar lemak pada perut.

Kamu juga bisa memilih kacang Macadamia yang tinggi akan serat dan lemak baik yang berfungsi melawan lemak di perut, dan Edamame kacang dari Jepang yang sehat dan mengenyangkan.

Tuh kan ladies, masih banyak makanan enak yang bisa kamu nikmati saat diet. Intinya adalah atur makananmu secukupnya saja, jangan sampai berlebihan dan perhatikan waktu makan agar metabolism tubuhmu tetap terjaga. Diet nggak selalu harus menderita kok! Selamat Makan!