Featured Image Article 3014

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Mencabut Ubanmu?

Beberapa helai uban berwarna keperakan atau putih sering terasa mengganggu. Tak sedikit yang merasa malu dengan kemunculan uban dan ingin mengenyahkannya dengan cara mencabut uban tersebut. Tepatkah c

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Munculnya uban memang tak dapat dihindari. Penyebab munculnya uban bisa berasal dari beberapa faktor, seperti stres, gizi yang buruk maupun faktor genetik. Namun sepertinya hal tersebut tidak bisa menghentikan kebiasaan kita untuk mencabuti uban yang mulai bermunculan di kepala kita dengan harapan uban tak lagi tumbuh. Padahal mencabuti uban justru bisa berefek buruk pada kesehatan dan pertumbuhan rambutmu. Hal apa saja yang bisa terjadi jika kamu mencabut ubanmu?

Kamu Akan Menyebabkan Rambut Tumbuh Ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam

Ketika kamu mencabut rambut dengan gerakan cepat dari permukaan kulit, kamu sudah mengganggu, bahkan kemungkinan menyebabkan kerusakan pada lapisan tipis yang mengelilingi rambut tersebut. Lapisan tipis tersebut berguna untuk mengarahkan pertumbuhan rambut keluar permukaan kulit dari dalam kantung rambut. Gangguan pada lapisan ini akan memicu berbagai macam masalah dan yang paling sering ditemui adalah rambut yang tumbuh ke dalam. Karena lapisan tipis yang mengelilingi rambut sudah tidak ada, maka ketika rambut baru mulai muncul, rambut tersebut tidak mempunyai jejak yang bisa diikutinya untuk mengarahkannya tumbuh keluar kulit, sehingga kemungkinan besar rambut justru tumbuh ke arah dalam.

Kamu Mungkin Akan Membuat Rambutmu Semakin Tipis

Rambut menjadi semakin tipis

Ketika kamu mencabut rambut dari kepalamu, kamu telah memicu trauma ringan pada kulit kepala dan juga kantung rambutmu. Kamu akan mengalami rasa sakit selama 1 detik, serta kemungkinan juga mengalami kemerahan selama 1 menit karena pembuluh darah yang membesar sebagai efek dari trauma mikro yang baru saja dialami. Pada rambut, kamu sudah menyebabkan ketegangan pada folikel atau kantungnya. Meski tidak selalu berakibat sama, namun jika kamu terus menerus mencabuti rambutmu dengan kasar, stres pada kulit kepalamu jelas akan membuat rambut semakin tipis. Bahkan pertumbuhan rambut pun bisa terhambat karena kebiasan buruk tersebut.

Kamu Hanya Buang-buang Waktu

Mencabut uban

Mencabuti rambut-rambut yang mulai memutih bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan uban dari kepalamu. Hal itu hanyalah solusi sementara. Setelah kamu mencabut uban, siklus kantung rambutmu akan bekerja kembali dan menumbuhkan rambut yang baru di tempat yang sama. Sayangnya, rambut yang tumbuh pun tetap beruban. Hal tersebut terjadi karena sel-sel pigmen di dalam kantung rambut sudah mati, sehingga rambut tidak mendapatkan pigmen lagi dan ini tidak dapat diperbaiki.

Jika kamu masih berusia muda namun sudah mulai memiliki uban, mungkin kamu memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Asupan makanan sangat mempengaruhi kondisi rambut. Begitu juga dengan perlakuanmu terhadap rambut. Cat rambut, bahan-bahan kimia, serta peralatan untuk hairstyle dapat memicu tumbuhnya uban lebih dini.