Featured Image Article 3032

Seberapa Seringkah Kita Harus Buang Air Kecil?

Apakah kamu sering malas buang air kecil dan lebih memilih untuk menahannya? Sebenarnya seberapa sering sih kita harus buang air kecil dalam sehari? Yuk simak informasinya!

Santi Photo
Santi
Contributor
di Health

Buang air kecil merupakan proses alami yang dilakukan oleh tubuh untuk membuang cairan. Frekuensi buang air kecilmu sebenarnya tergantung dari seberapa banyak asupan cairan yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu. Semakin banyak air yang masuk, maka semakin sering pula kamu buang air kecil. Banyak dari kita yang malas jika harus sering-sering ke toilet dan memilih untuk tidak minum sesuai dengan jumlah cairan yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Akibatnya, tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi.

Burukkah Jika Buang Air Kecil Hanya 2 Atau 3 Kali Dalam Sehari?

Kalau kamu hanya buang air kecil 2 hingga 3 kali dalam sehari, itu artinya kamu dehidrasi. Jika warnanya sangat kuning, kamu pasti kurang minum. Bagaimana dengan menahan buang air kecil? Hal itu sangat tidak dianjurkan. Sama seperti ketika kamu menahan buang air besar, menahan buang air kecil akan membuat otot-ototmu bingung, sehingga ketika kamu benar-benar akan buang air kecil, kamu akan kesulitan mengeluarkannya.  

Berapa Kali Harus Buang Air Kecil Dalam Sehari?

Jika kamu banyak minum air putih, kemungkinan kamu akan buang air kecil setiap satu atau dua jam. Hal ini karena tubuhmu berusaha membuang cairan, sedangkan ginjalmu juga bekerja untuk mengeluarkan elektrolit, sehingga kamu akan sering buang air kecil. Sepertinya merepotkan jika harus terlalu sering ke kamar mandi. Namun kamu tidak akan rugi karena dengan minum banyak air, kamu tidak akan mudah lelah. Lihat saja perbedaannya ketika kamu kurang cairan, mulutmu akan kering dan kamu akan sering merasa pusing. Warna air kencing yang terang juga menandakan kamu lebih sehat, sedangkan warna yang lebih kuning berarti kamu kurang cairan. Selain itu, dehidrasi juga bisa membuat kulitmu lebih cepat tua.  

Berapa Banyak Air Harus Diminum Setiap Hari?

Rata-rata, setiap orang memerlukan 8 gelas air putih setiap harinya. Atau, kamu bisa mengukurnya melalui berat badanmu. Misalnya saja seseorang yang memiliki berat badan 100 pon sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 50 hingga 100 ons. Apakah seseorang bisa dikatakan terlalu banyak mengkonsumsi air putih? Ya. Jika kamu terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi air putih, hal itu bisa mempengaruhi elektrolitmu. Kadar sodium tubuhmu bisa sangat rendah. Oleh sebab itulah sebaiknya kamu minum air putih sebanyak separuh hingga sama dengan berat badanmu.    

Apakah Ada Cara Lain Untuk Menambah Cairan Tubuh Tanpa Minum Air Putih?

Seperti misalnya buah-buahan yang mengandung banyak air, termasuk semangka, jeruk, atau buah beri. Namun, meski buah-buahan tersebut kaya akan kandungan air, sepertinya tetap saja tidak bisa menggantikan peran 8 gelas air bagi tubuhmu.

Bagaimana Dengan Keringat Yang Banyak Dikeluarkan Ketika Berolahraga?

Pada saat berolahraga, sebaiknya kamu minum air putih sebelum, di tengah-tengah dan setelah berolahraga. Kamu memerlukan lebih banyak cairan karena selama berolahraga kamu akan mengeluarkan banyak keringat sehingga cairan tubuhmu akan banyak berkurang. Begitu juga dengan buang air kencing yang akan menghilangkan air dari dalam tubuhmu. Sebagian tubuh kita terdiri dari cairan, sehingga air sangatlah diperlukan agar tubuh tetap sehat.