Featured Image Article 3047

8 Cara Untuk Wajah Berminyak Agar Mendapatkan Hasil Make Up yang Sempurna

Minyak berlebih pada kulit wajah seringkali menjadi salah satu kendala saat melakukan make up yang membuat make up menjadi tidak tahan lama.

Inka Photo
Inka
Contributor
di Makeup

Pada dasarnya kulit memproduksi minyak adalah untuk menjaga kelembapan alami kulit. Tapi, munculnya minyak yang berlebihan pada kulit wajah tentu akan sangat mengganggu dan membuat kulit wajah mudah kusam. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai ya kulit berminyak menghalangimu untuk tampil ber-make up. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, kamu harus menggunakan beberapa trik ketika ber-make up agar make up-mu tidak berminyak dan membuat make up-mu luntur. Ketika menerapkan tips make up berikut ini, dijamin make up-mu tak akan mudah luntur meski wajahmu berminyak.

Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Sangat wajib untuk membersihkan wajah sebelum ber-make up. Kulit wajah yang kotor akan membuat riasan wajahmu tidak maksimal, bahkan bisa menyebabkan timbulnya masalah jerawat. Banyak orang yang menghapus make up tidak dengan bersih karena alasan lelah beraktivitas. Padahal dengan membersihkan dengan membersihkan sisa make up dengan tidak bersih, minyak dan make up yang tertinggal akan menutup pori- pori dan menyebabkan jerawat.

Oles Es Batu di Wajah

Mengoles es batu

Oleskan es batu pada seluruh wajahmu secara perlahan. Sensasi dinginnya akan menyegarkan dan menenangkan kelenjar minyak pada kulit, sehingga produksi minyak dapat dikendalikan setidaknya selama kamu sedang sibuk ber-make up. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab pada wajahmu, ya ladies!

Pakai Make Up Primer Dahulu

Memakai primer

Make up primer ini banyak sekali kegunaannya, antara lain untuk menyerap minyak, mengecilkan pori-pori, membuat wajah jadi lebih matte, dan membuat foundation menjadi lebih tahan lama. Ketika memakai make up primer, daerah-daerah rawan minyak seperti T-zone tidak akan terlihat mengkilap dan riasanmu dijamin jadi lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

Pilih Foundation Berjenis Powder

Foundation berjenis powder

Sumber: NYX Stay Matte But Not Flat Powder Foundation

Bila kamu suka memakai foundation cair, pakailah yang berlabel “oil free” atau “oil control”. Namun bila wajahmu sangat berminyak, sangat disarankan untuk memakai pressed powder foundation. Bentuknya sama dengan bedak padat lainnya, sehingga ia mampu menyerap minyak di wajah dengan baik.

Pakai Bedak Tabur

Menggunakan bedak tabur

Bedak tabur memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk kulit wajah. Bedak tabur sangat dianjurkan bagi wajah berminyak karena bedak tabur dapat menyerap minyak dengan baik pada wajah sehingga wajah tak akan terlihat mengkilap.

Pilih Produk Oil Free dan Non Comedogenic

Menggunakan produk oil free

Tentunya kamu harus benar-benar menghindari produk make up yang mengandung minyak. Produk “oil free” atau “non-comedogenic” ini tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak akan berisiko menimbulkan jerawat maupun komedo. Meski labelnya menyatakan bebas minyak, sebaiknya kamu perlu memperhatikan  komposisinya, karena masih banyak kosmetik yang dicampur dengan minyak buatan di dalamnya.

Memilih Kosmetik yang Tahan Lama

Agar make up dapat bertahan lama selama beraktivitas, pakailah kosmetik yang berlabel “water proof”, “water resistant”, atau “long lasting”. Meskipun kamu sedang aktif bergerak hingga mengeluarkan banyak keringat atau minyak, make up-mu tak akan mudah terhapus. Trik ini akan membuatmu tampil cantik dalam kondisi apapun, ladies.

Sedia Kertas Minyak Wajah

Menyediakan kertas wajah

Meskipun kamu sudah memakai bedak atau pelembap yang dapat menyerap minyak, bukan berarti wajahmu akan benar-benar terbebas dari minyak ya,ladies. Agar kamu bisa mengatasinya dengan baik, kamu cukup membersihkannya dengan kertas penyerap minyak. Jangan menggosokkan kertas minyak tersebut, cukup ditekan dengan lembut di daerah wajah yang mulai berminyak agar make up tidak terhapus.

Bagaimana, mudah kan? Siapa bilang memiliki kulit wajah berminyak dapat membuat make up-mu cepat luntur. Semoga bermanfaat, ladies.