Featured Image Article 310

5 Langkah Mudah Cara Merawat Rambut Diwarnai

Rambutmu diwarnai? Simak tips dibawah ini untuk merawat mahkotamu yuk!

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Hair

Apakah kamu termasuk orang yang gemar gonta-ganti warna rambut, ladies? Jika ya, kamu harus mengetahui bahwa rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan ekstra. Berbeda dengan rambut yang belum pernah terkena proses kimia, rambut yang diwarnai biasanya lebih rapuh dan kering. Untuk itu, yuk simak 5 langkah mudah cara merawat rambut diwarnai dalam artikel ini!

Kebosanan yang sering menghinggapi membuat kebanyakan wanita memutuskan untuk mewarnai rambutnya. Tentu ada kepuasan tersendiri melihat warna yang berbeda untuk berganti suasana. Akan tetapi, kamu harus tetap berhati-hati, terutama di bagian perawatan rambut setelah diwarnai. Pada umumnya rambut akan menjadi lebih kering dan rapuh setelah proses pewarnaan. Oleh karena itu, kamu harus siap dengan konsekuensi untuk memberikan perhatian ekstra bagi rambutmu sebagai berikut.

BACA JUGA: Cek 3 Ciri Rambut Rusak Disini

1. Rambut Diwarnai Memerlukan Sampo Khusus

Jika rambutmu diwarnai, pastikan kamu menggunakan sampo khusus rambut diwarnai. Mengapa? Karena rambut diwarnai butuh perawatan spesifik, sedangkan sampo lainnya umumnya tidak mengakomodasi kebutuhan rambut yang diwarnai. Hal penting yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak menggunakan sampo anti ketombe pada rambut yang telah diwarnai. Hal ini karena sampo anti ketombe mengandung zat kimia yang cukup keras sehingga membuat warna lebih cepat pudar dan rambut lebih kering. Selain itu, sebaiknya jangan mencuci rambut dengan air panas sebab akan membuka kutikula rambut dan mengurangi kelembabannya.

2. Jangan Lupakan Kondisioner

Kondisioner is a must! Baik rambut yang virgin alias belum pernah melalui proses kimia maupun rambut diwarnai perlu dirawat dengan kondisioner, ladies. Kondisioner perlu untuk melindungi batang rambut agar tidak kering dan tetap lembap. Penting juga untuk diingat bahwa kondisioner tidak boleh diaplikasikan pada akar rambut dan kulit kepala karena bisa menyebabkan ketombe.

3. Setelah Keramas, Pakai Serum!

Setelah keramas dan kondisioner, kamu juga sebaiknya menggunakan serum. Mengapa? Karena serum mengandung banyak vitamin untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakanlah serum saat rambut masih setengah kering, agar kandungan serum masuk ke dalam folikel rambut. 

4. Seminggu Sekali, Rawat Rambut Diwarnai dengan Masker

Selain perawatan harian, akan jauh lebih baik lagi jika kamu juga melakukan perawatan mingguan bagi rambutmu. Perawatan mingguan ini perlu untuk menjaga agar warna rambutmu tidak cepat pudar dan tetap berkilau. Pilihlah masker khusus rambut diwarnai atau dengan ekstra pelembap. Masker berfungsi untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat walau sudah terkena paparan zat kimia.

BACA JUGA: Rambut Indah Dengan Masker Pisang

5. Kurangi Penggunaan Produk Styling Rambut

Rambut yang diwarnai memang agak rumit perawatannya. Selain merawat rambut dengan berbagai produk perawatan, kamu juga sebaiknya menghindari penggunaan produk styling seperti pengering rambut, pelurus rambut, pengeriting, hair spray, dan hair gel. Produk-produk tersebut umumnya dapat mengakibatkan kondisi rambut semakin kering, jadi kalaupun tidak bisa dihindari, sebaiknya kurangi ya!

Nah, agar rambut tetap sehat walau sudah melalui proses pewarnaan sebaiknya kamu mengaplikasikan kelima langkah di atas ya!