Featured Image Article 3148

Jangan Dibuang! Simak Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut dan Kulitmu

Air beras kaya akan mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk rambut dan kulit. Mau tau apa saja manfaatnya? Simak ulasannya ya, ladies!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Health

Butir beras kaya akan asam ferulic yang berperan sebagai antioksidan dan allantoin yang berperan sebagai anti inflamasi. Sedangkan air beras mengandung vitamin seperti B1, C, E, dan mineral. Perawatan dengan air beras merupakan solusi yang sangat efektif untuk mengatasai berbagai masalah rambut dan kulit. Air beras sangat bagus untuk semua jenis rambut dan kulit dan mudah untuk di gabungkan dengan perawatan rutin lainnya yang sering kamu lakukan. Lalu apa saja manfaat perawatan air beras untuk rambut dan kulit? Yuk, simak manfaat air beras untuk kesehatan rambut dan kulitmu!

Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut

Rambut yang sehat

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Setelah mencuci rambut dengan menggunakan sampo, gunakan air beras untuk membilas rambut. Lakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Mengurangi Rambut Bercabang

Rendam ujung-ujung rambut ke dalam semangkuk air beras selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan bekasnya dengan mencuci rambut menggunakan air yang mengalir.

3. Meningkatkan Tekstur Rambut

Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, sebaiknya lakukan perawatan air beras ini untuk meningkatkan tekstur rambut. Caranya, bilas rambut dengan air beras tiga kali dalam seminggu secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan Ketombe

Untuk mengurangi ketombe, membilas rambut dengan air beras akan menjadi salah satu cara yang sangat efektif.

5. Membuat Rambut Berkilau

Buatlah campuran yang terdiri dari air beras dan air mawar, lalu bilaskan pada rambut. Setelah selesai, tutup kepala dengan plastik atau kain dan diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian angkat penutup dan bilas hingga bersih.

6. Membasmi Kutu

Siapa sangka, ternyata pati yang hadir dalam air beras akan membunuh kutu bersama dengan telurnya. Caranya cukup oleskan pati dari air beras secara menyeluruh pada rambut, diamkan sekitar 30 menit, kemudian bersihkan.

Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Kulit

Wajah yang cerah

1. Memudarkan Noda Hitam

Untuk menghilangkan noda di kulit, cukup dengan membasuh menggunakan air beras secara rutin. Kamu juga bisa menambahkan kunyit ke dalam air beras sebelum membasuhkan ke kulit.

2. Menyembuhkan Jerawat

Mencuci wajah dengan air beras secara teratur dapat membantu menyembuhkan dan mencegah munculnya jerawat. Namun sayangnya, penggunaan rutin air beras dapat membuat kulit menjadi kering.

3. Mengatasi Komedo

Untuk mengatasi komedo yang membandel, gunakan air beras yang suam-suam kuku untuk membilas wajah, lalu biarkan hingga kering. Setelah itu, gosok area yang berkomedo dengan handuk yang lembut.

4. Memudarkan Warna Belang pada Kulit

Pakailah kapas atau handuk lembut untuk mengoleskan air beras pada tubuh selama 20 menit. Kamu juga dapat menggunakan tomat sebagai campurannya. Setelah itu, bersihkan tubuhmu.

 5. Mengencangkan Kulit

Salah satu manfaat air beras untuk kulit adalah membantu dalam mengencangkan kulit yang mulai mengendur dan keriput.

6. Mengurangi Keriput

Ketika keriput mulai muncul di sudut mata, segeralah mengatasinya dengan menggunakan air beras.

Cara Pembuatan:

Untuk rambut, rendam segenggam beras dalam wadah yang berisikan air hangat selama minimal 30 menit. Setelah itu, terapkan pada rambut.

Sedangkan untuk kulit, rendam segenggam beras dalam air suhu kamar selama 1 jam. Kemudian, gunakan air ini untuk mencuci kulit. Kamu juga dapat mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Nah, itu dia manfaat air beras untuk kulit dan rambut. Mudah bukan? Karena berasal dari bahan alami, perawatan dengan air beras sangat dianjurkan dan tanpa menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ladies!