Featured Image Article 318

Kenali Cara Mengatasi Rambut Rontok Sekarang!

Kenali cara mengatasi rambut rontok yuk! Baca dan praktekkan tips dari KBJ berikut.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Hair

Memiliki rambut yang indah tentu membuat kamu merasa seperti sedang mengenakan mahkota terindah. Tapi apa yang terjadi jika mahkota yang kamu gunakan rusak? Tentu kamu akan tidak percaya diri saat mengenakannya bukan? Hal tersebut sama halnya jika rambutmu rusak atau rontok. Hal ini tentu menjadi momok yang mengerikan bagi banyak wanita. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok, yuk simak!

Cara Periksa Rambut Rontok atau Tidak

Umumnya rambut yang dimiliki orang dewasa berjumlah kurang lebih 100.000 helai. Dalam kondisi normal, jumlah rambut yang rontok berkisar tidak lebih dari 45-100 helai setiap harinya. Nah, untuk mengetahui apakah kerontokan yang kamu alami masih tergolong normal atau tidak, kamu bisa melakukan tes ‘menarik rambut’. Caranya, tarik segenggam rambut kamu secara perlahan tanpa menekannya hingga kebagian ujung rambut. Jika rambut yang rontok lebih dari 5 helai, itu bisa menjadi indikasi awal bahwa kamu sedang mengalami gangguan kesehatan.

BACA JUGA: Cek 3 Ciri Rambut Rusak Disini

Sekarang ini banyak sekali wanita yang mengalami kerontokan rambut, termasuk para wanita muda. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang, kehamilan, gangguan hormonal, obat-obatan, infeksi, kurang gizi, gangguan emosional, menopause, atau bahkan penyakit tertentu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? agar tidak memperparah kerontokan rambut, kamu bisa mencoba dengan cara-cara alami seperti berikut ini:

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut dan menjaga kulit kepala kamu agar tetap sehat. Cukup ambil beberapa helai daun lidah buaya, kemudian ambil lendir yang ada di dalamnya dan jadikan lendir sebagai pengganti shampo setiap kali kamu keramas.

BACA JUGALidah Buaya untuk Atasi Sunburn

Memberikan Pijatan pada Kepala

Melakukan pijatan pada area kepala bisa membantu kamu merangsang sirkulasi darah dan membantu menjaga folikel rambut tetap aktif. Hal ini bisa membantu tumbuhnya helai rambut yang baru sehingga kamu tidak hanya terhindar dari kerontokan rambut tapi juga membuatnya semakin tebal dan subur. Sempatkanlah untuk memijat kepala kamu selama 3 menit setiap harinya secara teratur agar aliran darah ke kulit kepala meningkat dan membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, almond atau wijen saat memijat.

Daun Seledri

Kandungan vitamin A, vitamin B, kalsium, natrium, dan zat besi yang terkandung dalam seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat, dan berkilau. Caranya, jadikan daun seledri tadi sebagai pengganti shampo seperti lidah buaya.

Teh Hijau

Seperti yang sudah sering KBJ infokan, teh hijau memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal tersebut termasuk mengurangi, mencegah, dan mengatasi rambut rontok, kemudia juga meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kondisi rambut tetap sehat. Wow, banyak ya!

Jus Alami

Apa aja sih 3 jus alami yang dimaksud? Kamu bisa membuat jus bawang putih, bawang merah, atau jus jahe. Lalu oleskan cairan jus pada kepala secara merata, diamkan semalaman (saat tidur). Kemudian bilas dengan menggunakan shampo di pagi hari untuk menghilangkan aroma bawang pada rambutmu.

Nah kawaii-ladies, itu dia beberapa cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut. Namun jika kamu mengalami kerontokan rambut yang kurang wajar, maka ada baiknya kamu juga berkonsultasi pada dokter. Hal ini karena ada banyak sekali penyebab kerontokan rambut. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Tips Sederhana untuk Mencegah Rontoknya Rambut Indahmu

Jika kamu ingin mencari inspirasi gaya rambut dan cara merawat rambut dari Jepang, silakan kunjungi:

KamiMado’s Hair Catalogļ¼šhttp://kamimado.viceviza.com/catalog/