Featured Image Article 3182

Tips Ampuh Agar Makin Langsing Selama Masa Liburan

Jika tak mau tubuhmu membulat di masa liburan nanti, jangan lupa mempraktikkan tips langsing yang ampuh ini, ya!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Diet

Saat mendengar kata “liburan”, semua orang pasti jadi senang. Termasuk kamu juga kan, ladies. Liburan memang menjadi momen yang tepat untuk me-refresh tubuh dan pikiranmu dari kepenatan. Sayangnya, banyak orang yang memilih untuk bermalas-malasan serta makan berlebihan ketika hari libur. Sehingga tak mengherankan bila hal tersebut membuat tubuh jadi makin gemuk.

Tips Langsing Selama Liburan

Tips langsing selama liburan

Tak perlu khawatir dengan fenomena gemuk secara liburan. Sebab kamu bisa tetap langsing atau bahkan makin langsing selama masa liburan dengan kiat ampuh berikut ini:

Lakukan Aktivitasmu Sembari Berdiri

Jangan asyik bermalas-malasan di hari libur ya, ladies. Sebaiknya kamu melakukan berbagai aktivitasmu sembari berdiri. Karena tubuhmu akan membakar kalori lebih banyak saat kamu berdiri. Sehingga meskipun kamu jarang berolahraga, asupan kalori yang masuk ke tubuh bisa menjadi energi untuk aktivitasmu. Hasilnya, kamu pun tak perlu khawatir denga berat badanmu.

Menghindari Konsumsi Kalori Cair

Apa itu kalori cair?

Yang dimaksud dengan kalori cair adalah aneka jenis minuman yang memiliki rasa, warna, dan kandungan kalori. Tak cuma dari jenis sirup atau soda, kalori juga terdapat pada minuman lain seperti susu, minuman berenergi, kopi dan teh yang diberi gula, serta bir. Tanpa kamu sadari, konsumsi minuman berkalori akan turut menambah asupan kalori berlebihan pada tubuh. So, sebaiknya kamu mengonsumsi minuman tanpa kalori selama masa liburan, ya!

Kurangi Porsi Makanmu

Tips langsing dengan mengurangi porsi makan

Selama liburan, biasanya kamu akan menjelajahi tempat wisata kuliner atau membuat acara makan-makan bersama sahabat dan keluarga. Hal ini memang menyenangkan dan sah-sah saja untuk dilakukan. Tetapi jangan sampai kamu lupa diri dan makan berlebihan, ya. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk mengurangi porsi makanmu. Agar asupan kalori yang kamu konsumsi tidak berlebihan dan kamu bisa mencicipi aneka jenis makanan lezat. Sumber karbohidrat berupa nasi, umbi-umbian, pasta, atau roti tidak perlu dikonsumsi terlalu banyak sebab kamu bisa mendapatkan karbohidrat dari kandungan makanan lainnya. Inilah tips langsing yang seringkali menjadi andalan untuk mereka yang sedang menjalankan diet.

Makanan Rebus, Kukus, dan Bakar

Menjaga berat badan selama liburan tidak harus membuatmu tersiksa, lho. Kamu tetap bisa menikmati makanan lezat berupa hidangan yang direbus, dikukus, atau dibakar. Ketiga teknik memasak tersebut tidak akan menambah kalori pada makanan secara berlebihan. Sementara makanan yang digoreng apalagi dengan teknik deep fried justru mengandung banyak lemak dari minyak goreng. Asupan lemak berlebihan akan disimpan menjadi cadangan lemak pada tubuhmu. Tetapi tubuhmu tidak akan menimbun lemak dan kalori jika kamu mengonsumsi aneka makanan tersebut dengan porsi seimbang.

Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tips langsing dengan tidur cukup

Liburan memang kerap membuat orang lalai memiliki waktu tidur yang cukup. Padahal tubuh jadi mudah lelah dan nafsu makan akan berlebihan bila kamu kekurangan waktu tidur. Setidaknya kamu harus memiliki waktu tidur selama 6 hingga 7 jam agar tubuhmu tetap fit dan bersemangat di hari libur. Jika tubuh tidak kelelahan dan nafsu makan tidak meningkat, kamu pasti lebih mudah mengontrol berat badan selama masa liburan.


Sudahkah kamu bersiap menyambut liburan panjang, ladies?

Mari rencanakan aktivitas liburan seru bersama keluarga atau sahabat. Selamat bersenang-senang dan jangan lupa menjaga kesehatan. Jangan lupa juga jalankan tips langsing ini jika ingin tetap menjaga bentuk tubuhmu ya!