Featured Image Article 3192

Tips Merawat Rambut dengan 3 Kondisioner Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Setelah berkeramas dan membersihkan rambut, biasanya menggunakan kondisioner agar rambut jauh lebih lembut dan berkilau. Nah, sekarang kamu bisa membuat kondisioner sendiri di rumah dengan bahan alami

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Hair

Sepertinya peran kondisioner dalam perawatan dan pemeliharaan rambut wanita sudah tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan. Kondisioner memang selalu ada dalam tips merawat rambut, yang memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelembutan rambut serta dapat membuat rambut menjadi jauh lebih kuat dan berkilau. Tapi, menggunakan kondisioner terkadang bisa membuat munculnya masalah baru pada rambut seperti ketombe. Itu semua karena kondisioner yang kamu gunakan adalah zat kimia.

Daripada kamu mendapatkan masalah ketika menggunakan kondisioner rambut yang biasa dijual di pasaran, kenapa kamu tidak mencoba berkreasi sedikit di rumah dengan membuat kondisioner sendiri dirumah? Selain terjamin bebas dari zat kimia, bahan yang digunakan juga dari bahan alami sehingga manfaatnya pada rambut akan jauh lebih maksimal.

Tips Merawat Rambut dengan Kondisioner Alami

Bahan-bahan apa sajah yang bisa digunakan? Yuk, cari tahu tips merawat rambut dengan kondisioner alami di sini, dan akan diuraikan mulai dari bahan-bahan yang perlu disediakan, sampai cara membuatnya!

Minyak Kelapa dan Madu

Bahan-Bahan:

  • 4 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan madu murni

Cara Membuat:

Siapkan wadah kecil kemudian masukkan semua bahan ke dalam wadah lalu campurkan. Siapkan air yang sudah dipanaskan di dalam panci yang sedikit lebih besar dari wadah kecil sebelumnya kemudian letakkan wadah yang sudah berisi minyak kelapa dan madu tersebut kemudian diamkan selama satu menit. Jika sudah hangat, kamu sudah bisa mengoleskannya ke seluruh bagian rambutmu dan tutupilah rambut dengan handuk bersih yang sudah dihangatkan selama 20 menit baru dibilas.

Alpukat dan Mayones

Bahan-Bahan:

  • Setengah bagian dari buah alpukat
  • 4 sendok makan mayonnaise

Cara Membuat:

Haluskan terlebih dahulu buah alpukatnya kemudian campurkan dengan mayonnaise sampai menjadi bentuk adonan berwarna hijau. Jika sudah kamu bisa langsung mengoleskannya ke bagian rambutmu dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan plastik ketika menggunakannya. Jika sudah selesai, tutuplah rambutmu dengan shower cap atau handuk hangat selama 20 menit. Selain untuk kondisioner, adonan ini juga sekaligus bisa menjadi masker rambut alami yang baik untuk kecantikan rambut.

Minyak Zaitun

Bahan-Bahan:

  • 1/2 gelas minyak zaitun
  • 1/2 air panas

Cara Membuat:

Masukkan saja kedua bahan alami tersebut ke dalam panci kemudian hangatkan di dalam api kecil. Jika sudah hangat, angkat bahan tersebut kemudian oleskan ke seluruh rambut ketika rambutmu dalam keadaan kering. Oleskan sambil pijat secara perlahan selama 5 menit lalu tutupilah rambut dengan handuk panas selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, barulah kamu bilas dan berkeramas seperti biasa dan tidak perlu menggunakan kondisioner lagi. Kondisioner ini memiliki fungsi yang bagus dalam mengatasi masalah rambut rontok, kering dan bercabang.


Semua kondisioner alami di atas bisa kamu aplikasikan ke bagian rambut minimal dua kali dalam seminggu dan kamu bisa merasakan perubahan yang signifikan pada rambutmu. Rambut tampil lebih cantik dengan yang alami, mengapa tidak? Selamat mencoba tips merawat rambut dengan kondisioner alami ini, ladies!