Featured Image Article 3222

‘Diet Garpu’, Cara Diet Cepat yang Unik!

Pernah mendengar istilah diet garpu? Mungkin sedikit asing, tapi cara diet cepat yang satu ini bisa membantumu memiliki berat badan yang stabil tanpa terasa tersiksa seperti diet lainnya lho, ladies!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Diet

Diet Garpu atau Forking adalah program diet terbaru yang dicetuskan oleh Ivan Gavriloff, seorang ahli politeknik yang berinovasi bersama dengan tim dokternya dalam hal program penurunan berat badan yang diberi nama ‘Diet Garpu’. Metode diet yang satu ini memang sangat unik karena menggunakan garpu sebagai media untuk membatasi asupan makanan yang akan dikonsumsi.

Diet Garpu, Cara Diet Cepat yang Unik

Diet garpu bisa diartikan sebagai program yang mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi makanan yang hanya bisa diambil dengan garpu. Sedang makanan-makanan yang tidak bisa diambil dengan menggunakan garpu harus dikeluarkan dari menu diet. Meski demikian, pelaku diet garpu ini tidak diharuskan untuk selalu memakai garpu saat akan makan karena aturan menggunakan garpu hanya berlaku untuk makan malam saja.

Mengapa Hanya Diterapkan Saat Makan Malam?

Diet garpu pada dasarnya bukan masalah alat makan yang digunakan, melainkan difokuskan pada jenis makanan dan cara mengkonsumsinya. Forking adalah pola diet yang dikembangkan berdasarkan chrononutrition. Yaitu makan besar saat sarapan, makan sederhana saat makan siang dan makan sedikit saat makan malam. Dengan menggunakan garpu, otomatis kamu tidak bisa memakan sup krim, kuah santan dan jangkauan makanan yang bisa di ambil lebih terbatas. Makan dengan garpu juga lebih sulit dibandingkan dengan sendok, sehingga aktivitas makan lebih lama dan lebih cepat merasa kenyang.

Pola yang diterapkan dalam diet garpu ini lebih efektif menjagamu untuk tetap mengikuti aturan diet, karena kamu tidak harus merasa tersiksa akibat rasa lapar. Kamu juga boleh mengonsumsi camilan seperti biskuit, cookies atau krakers dengan jumlah yang tak berlebihan.

Apa Keuntungan Diet Garpu?

Ada beberapa alasan mengapa cara diet cepat dengan diet garpu dapat bekerja dengan efektif. Tidak seperti diet ekstrim lainnya yang akan menurunkan berat badan secara drastis, diet garpu ini membantumu menurunkan berat badan secara perlahan (sekitar 1-2 kilo dalam 3 minggu). Namun hasilnya akan berlangsung lama bahkan tetap konsisten. Jadi risiko tubuh kembali ke bentuk semula setelah tidak menjalankan program diet akan sangat kecil atau bahkan tidak ada.

Agar proses diet berhasil, saat menjalankan diet ini kamu dilarang untuk ngemil dan makan makanan manis secara berlebihan karena pada dasarnya diet garpu bertujuan untuk mengurangi mengonsumsi makanan manis dan berlemak di malam hari. Seperti kita ketahui, di malam hari, tubuh akan mengubah kalori berlebih menjadi lemak. Dengan makan sedikit maka akan mengurangi jumlah kalori berlebih dalam tubuh.

Bagaimana, ladies? Tertarik untuk melakukan diet garpu ini?