Featured Image Article 3223

4 Masker Rambut Alami Agar Semakin Indah Berkilau

Merawat rambut dengan bahan-bahan alami dapat membantumu menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Salah satunya adalah untuk menjadikan rambut semakin berkilau. Yuk simak caranya!

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Rambut yang kusam dan tidak bercahaya terjadi karena rusaknya lapisan terluar rambut yang mengandung minyak. Padahal minyak tersebut berfungsi untuk melembabkan dan membuatnya berkilau. Kalau rambutmu kini sudah tidak bercahaya lagi, mungkin kamu memakai produk perawatan rambut yang terlalu keras, atau tidak pernah memakai kondisioner. Beberapa faktor lain yang bisa memicunya antara lain kurangnya nutrisi, terekspos matahari, terlalu sering diwarnai, faktor usia, stres, klorin pada air, atau penggunaan hair dryer dan lain-lain.

4 Masker Rambut Alami Agar Semakin Indah Berkilau

Untuk mengembalikan kilau rambutmu, kamu harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Gunakan masker rambut alami berikut ini agar rambut kembali berkilau:  

1. Masker Rambut Telur

Masker rambut alami telur

Telur merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk memberikan nutrisi serta menjadikan rambut semakin berkilau dalam beberapa menit saja. Dengan kandungan protein dan asam lemak dan lecithin yang tinggi, telur dapat memperbaiki rambut rusak dan kusam dengan melembabkan dan membuatnya berkilau. Telur juga akan membuat rambutmu kuat dan tebal.

Langkah-langkah: Campurkan 1 butir telur dengan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu sampai membentuk pasta lembut. Gunakan pasta ini pada rambut yang basah dan juga kulit kepala. Tutupi kepala dengan shower cap selama 30 menit, kemudian bilas dengan sampo dan air dingin. Lakukan seminggu sekali untuk dapatkan rambut lembut dan bercahaya.

2. Masker Rambut Mayones

Masker rambut alami mayones

Mayones memiliki kandungan asam amino, protein, dan antioksidan yang akan membuat rambutmu kuat, lembut, sehat, dan berkilau.

Langkah-langkah: Siapkan ½ - 1 cangkir mayones full-fat. Gunakan mayones sebagai masker rambut alami pada rambut yang baru saja dicuci dan masih basah. Kemudian, bungkus rambut dengan shower cap selama minimal 30 menit. Kemudian cuci rambut dengan air dingin dan sampo yang lembut. Ulangi setelah seminggu agar rambut semakin sehat dan berkilau.

3. Masker Rambut Alpukat

Masker rambut alami alpukat

Alpukat mengandung nutrisi yang sangat baik untuk melembabkan dan menutrisi rambutmu. Dengan begitu, rambutmu akan semakin halus dan bersinar. Alpukat juga sangat baik untuk rambut yang kering dan rusak.

Langkah-langkah: Campurkan 1 alpukat matang yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm extra-virgin olive oil. Aplikasikan masker rambut alami alpukat ini pada rambut yang basah, dari akar hingga ujung rambut. Tutupi rambut menggunakan shower cap selama 30 menit. Bilas dengan sampo seperti biasanya. Lakukan dua kali dalam seminggu, dan rambutmu pun akan semakin berkilau.

4. Masker Rambut Lidah Buaya

Masker rambut alami lidah buaya

Lidah buaya sangat baik untuk rambutmu karena kemampuannya untuk melembabkan. Selain itu lidah buaya juga memiliki antioksidan, vitamin, dan zat-zat lain yang baik untuk kesehatan rambutmu. Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga bagus untuk mengatasi rambut berketombe.

Langkah-langkah: Buatlah pasta dari 4 sdm gel lidah buaya, 2 sdm minyak kelapa, dan 3 sdm yogurt. Gunakan pada rambut yang basah, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat, dan lakukan satu hingga dua kali dalam seminggu.


Kalau kamu rajin merawat rambutmu dengan masker rambut alami ini, tak lama lagi rambut kusammu pasti akan berkilau kembali.