Featured Image Article 3319

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Sering mabuk kendaraan di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman? Berikut tips jitu mencegah serta mengatasi mabuk darat selama perjalanan.

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Featured

Lebaran sebentar lagi akan tiba dan biasanya masyarakat Indonesia menjalankan salah satu tradisi yang sudah wajib di saat menjelang lebaran yaitu mudik ke kampung halaman. Ada yang menempuh perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dan salah satu permasalahan yang sering dialami pemudik adalah mabuk kendaraan. Jika kamu sering merasa mual di perjalanan, tentu saja perjalanan menjadi tidak menyenangkan bukan?

Ada beberapa faktor penyebab munculnya rasa mabuk selama di dalam kendaraan. Dalam dunia medis,mabuk kendaraan sudah termasuk ke dalam jenis penyakit vertigo yang biasanya ditandai dengan pusing, mual, keringat dingin sampai muntah-muntah. Penyebab umum yang memicu mabuk kendaraan adalah karena posisi tubuh yang tidak terlalu banyak bergerak. Simak tipsnya agar perjalanan mudikmu bisa tetap nyaman.

Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Kendaraan Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Kamu tetap bisa mencegah mabuk kendaraan selama dalam perjalanan mudik dengan beberapa tips jitu berikut ini.

  1. Persiapkan tubuh. Pastikan tubuhmu memang sedang dalam keadaan prima atau sehat ketika ingin memulai perjalanan mudik.
  2. Jangan makan Terlalu banyak. Isi perutmu hanya dengan makanan ringan saja seperti nasi dengan lauk yang simpel tempe dan tahu. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, pedas, atau beraroma kuat.
  3. Jangan terlalu lama memainkan gadget. Jangan sampai matamu terlalu terpaku dengan gadget, biarkan matamu bergerak bebas sambil melihat pemandangan di dalam perjalanan.
  4. Selalu menyediakan obat. Sediakan minyak aromaterapi atau minyak kayu putih, permen jahe atau permen jamu.
  5. Siapkan hiburan. Bawa beberapa hiburan seperti MP3 agar tidak mudah mabuk kendaraan.

Jika kamu sudah berada di tengah perjalanan dan terlanjur mengalami mabuk kendaraan, kamu tetap bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara simpel berikut ini.

  1. Istirahat. Ketika jalan sedang tidak terlalu padat, kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan otak sejenak agar kembali segar dan mabuk jadi hilang.
  2. Oleskan minyak aromaterapi. Jika mengalami pusing, oleskan minyak aromaterapi atau minyak kayu putih sedikit demi sedikit ke bagian kening dan leher.
  3. Kumur-kumur. Kalau kamu sampai mengalami muntah, berkumurlah dengan air putih untuk menghilangkan rasa mual.
  4. Minum herbal.Kamu bisa membeli beberapa minuman jahe atau obat herbal yang bisa kamu dapatkan di minimarket.
  5. Matikan AC. Cobalah sesekali untuk mematikan pendingin kendaraan kamu, dan hirup udara segara dari luar melalui jendela kendaraan (tidak disarankan jika kamu menaiki pesawat).

Itulah beberapa cara ampuh dalam mencegah dan mengatasi mabuk kendaraan selama perjalanan. Jangan biarkan mabuk menghalangi serunya perjalanan mudik kamu dan membuatnya menjadi tidak menyenangkan. Semoga bermanfaat, ladies!