Featured Image Article 3333

Stop! Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Belanja Parfum!

Membeli parfum memang cukup tricky. Jangan sampai kamu melakukan 12 kesalahan ini saat membeli parfum ya, ladies!

Marga Photo
Marga
Editor
di Lifestyle

Di antara seluruh produk kecantikan, bisa dikatakan bahwa parfum adalah yang paling tricky. Mulai dari memilihnya, sampai cara memakainya. Pernahkah kamu merasa bahwa parfum yang kamu beli memiliki wangi yang beda dengan saat kamu mencobanya di toko? Bisa jadi kamu melakukan 10 kesalahan ini saat membeli parfum, ladies!

10 Kesalahan yang Umum Terjadi Saat Membeli Parfum

Telitilah saat membeli parfum! Jangan sampai kamu melakukan 10 kesalahan ini, jika ingin tahu betul mengenai parfum yang kamu inginkan.

1. Tidak Menggunakan Kertas Tester Parfum

Kebanyakan toko parfum menyediakan kertas tester parfum agar kamu bisa mengetahui wangi dari parfum yang kamu inginkan. Semprotkan parfum yang kamu inginkan dari jarak 15 cm. Cukup sekali semprot saja, lalu tunggu hingga 30 detik sebelum kamu mencium wanginya.

2. Salah Memilih Jenis Parfum

Ada banyak jenis parfum di dunia ini, perbedaannya adalah kandungan dan daya tahannya. Kebanyakan parfum yang dijual di pasaran adalah cologne (dengan kadar 2-4% minyak parfum, dapat bertahan hingga 2 jam), eau de toilette atau EDT (dengan kadar 5-15% minyak parfum, dapat bertahan hingga 3 jam) dan eau de parfum atau EDP (dengan kandungan 15-20% minyak parfum, dapat bertahan hingga 8 jam).

L'Eau D'Issey Vaporisateur Natural Spray Eau de Toilette

L'Eau D'Issey Vaporisateur Natural Spray Eau de Toilette

Semakin lama parfum tersebut dapat bertahan, tentu harganya akan semakin mahal. Jadi, pastikan kamu memilih jenis parfum yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuanganmu, ladies!

Flower by Kenzo Eau de Parfum

Flower by Kenzo Eau de Parfum

3. Mencium Wanginya Terlalu Dekat

Hindari mencium wangi parfum terlalu dekat dengan kertas testernya, karena kamu tidak akan dapat merasakan wanginya dengan maksimal. Tidak hanya itu, hal ini juga akan memengaruhi kemampuan hidungmu untuk mengcium wangi parfum lainnya yang juga ingin kamu coba. Cara terbaik adalah dengan mengibaskannya di depan hidung.

4. Tidak Sabar

Jangan lupa, semprotan parfum pertama tidak dapat merepresentasikan bagaimana wangi parfum tersebut sepanjang hari. Ini dikarenakan pada semprotan pertama, kamu hanya akan dapat merasakan top notesnya saja, sementara parfum memiliki 3 lapisan. Jadi simpanlah kertas tester parfum untuk merasakan wanginya lagi.

5. Tidak Menggunakan Biji Kopi

Gunakan biji kopi untuk menetralkan wangi

Sering melihat gelas berisi biji kopi di toko parfum? Biji kopi dapat dimanfaatkan untuk menetralisir wangi parfum yang tersisa di hidung kita. Setelah mencium wangi parfum, ciumlah wangi biji kopi sebelum mencium wangi parfum lainnya.

6. Tidak Mencobanya di Kulit

Jangan hanya mengandalkan kertas tester parfum! Tiap parfum bisa menghasilkan wangi yang berbeda tergantung si pemakai. Maka dari itu, cobalah untuk menyemprotkan parfum pada kulitmu, tunggu hingga beberapa saat dan cium wanginya kembali.

7. Menyemportkan di Tempat yang Salah

Parfum

Wangi parfum yang hanya disemprotkan pada rambut dan baju tidak akan bertahan lama, maka dari itu lebih baik menyemprotkannya pada kulit. Kebanyakan orang menyemprotkan parfum pada pergelangan tangan dan bagian belakang telinga, karena kulit pada area ini cukup tipis, sehingga aliran darah dekat dengan permukaan. Dengan demikian, kulit akan lebih hangat dan wangi parfum akan dengan mudah membaur.

8. Menggosokan Pergelangan Tangan

Memang sangat banyak orang yang menggosokan pergelangan tangannya setelah menyemprotkan parfum. Namun ternyata ini dapat merusak molekul parfum dan mengubah wanginya. Kamu hanya perlu menyentuhkan kedua pergelangan tanganmu dengan lembut, tak perlu sampai menggosoknya.

9. Menyimpannya di Kamar Mandi

Ada 3 musuh besar parfum, yaitu: cahaya, panas dan oksigen. Suhu dalam kamar mandi cenderung berubah-ubah. Setiap kamu selesai mandi, kamar mandi akan terasa lebih panas, dan beberapa saat kemudian akan kembali ke suhu sejuk. Seperti wine, parfum sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan suhunya tidak berubah-ubah.

10. Menyinari Parfum Secara Berlebihan

Kamu tidak perlu sampai menyimpan parfum yang kamu gunakan sehari-hari dalam ruangan gelap. Kamu hanya perlu menyimpannya di lemari yang jauh dari jendela. Apabila kamu belum akan memakainya, simpanlah di dalam lemari yang tertutup. 


Jika kamu sudah merasa cocok dengan satu parfum, ada baiknya kamu tetap membeli yang sama selanjutnya untuk membuatnya menjadi wangi khasmu, ladies!

Psst, saat ini sedang ada diskon lebaran untuk parfum dan produk kecantikan lainnya di NADEKO. Kamu bisa mendapatkan potongan hingga 50% hingga 8 Juli 2016. Jangan sampai ketinggalan ya, ladies!