Featured Image Article 3341

Mengalami Nyeri Otot Usai Berolahraga? Yuk, Atasi dengan Cara Ini!

Nyeri otot usai berolahraga tidak menakutkan lagi jika kamu sudah tahu cara mengatasinya!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Hal apa yang membuatmu malas berolahraga, ladies?

Kalau alasannya kesibukan sih sudah jadi alasan klasik. Salah satu hal yang membuat kaum wanita enggan berolahraga adalah rasa nyeri otot yang dirasakan usai berolahraga. Nyeri otot ini dikenal dengna istilah Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Meskipun rasanya sangat menyiksa, DOMS tidak berbahaya lo, ladies. Rasa nyeri ini wajar dialami oleh semua orang, terutama kamu yang selama ini tidak pernah berolahraga. DOMS juga bisa dialami ketika kamu meningkatkan intensitas latihan atau mencoba olahraga baru. DOMS terjadi karena otot berkontraksi dan memanjang selama latihan. Kontraksi secara tiba-tiba inilah yang membuat otot terkejut dan menyisakan rasa nyeri. Pada umumnya, DOMS akan dialami selama 2 hingga 5 hari pasca latihan fisik.

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Otot Usai Olahraga

Nyeri otot

Rasa nyeri ototnya memang menyiksa. Tetapi bukan berarti tidak ada cara untuk meringankannya. Kamu bisa melakukan 5 hal ini untuk mengurangi rasa nyeri akibat DOMS :

1. Beristirahat dari Aktivitas Fisik yang Berat

Tak masalah jika kamu ingin beristirahat sejenak dari aktivitas fisik yang berat. Hal ini juga senantiasa dilakukan para atlet untuk memulihkan kondisi fisiknya. Sehingga DOMS akan berangsur-angsur membaik dan kamu bisa kembali aktif bergerak.

2. Lakukan Active Recovery

Mengalami DOMS pasti membuatmu jadi malas berolahraga bahkan malas bergerak selama beberapa hari. Namun sebaiknya kamu tetap membiasakan diri untuk bergerak saat mengalami DOMS. Tak perlu melakukan latihan dengan intensitas berat. Bergerak ringan dengan berjalan kaki sudah cukup untuk mempercepat pemulihan ototmu.

3. Pemijatan pada Bagian Tubuh yang Sakit

Memijat bagian tubuh yang sakit juga ampuh meminimalkan DOMS. Tetapi jangan memijat terlalu kencang agar tidak membuat otot makin nyeri dan timbul memar pada tubuh, ya. Lakukan pijatan lembut dengan menggunakan krim hangat untuk membuat otot lebih rileks.

4. Gunakan Air Dingin

Mandi dengan air dingin dapat meminimalkan rasa nyeri akibat DOMS. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan air dingin untuk mengompres otot yang nyeri.

5. Olahraga Yoga

Banyak orang yang meyakini bahwa gerakan-gerakan yoga bisa membantu proses pemulihan otot setelah mengalami DOMS. Mulailah dengan beberapa gerakan ringan supaya tubuhmu bisa cepat beradaptasi dengan olahraga yang satu ini. Kalau otot-otot tubuhmu sudah lentur karena yoga secara teratur, maka risiko DOMS karena jenis latihan lain pun dapat diminimalkan.


Setelah membaca ulasan ini, pasti kamu tidak ragu lagi untuk berolahraga ya, ladies. Tak masalah kalau mengalami DOMS sejenak. Karena nantinya tubuhmu akan menjadi lebih bugar dan siap berolahraga secara teratur. Selamat berolahraga!