Featured Image Article 3346

Baru Dapat Gaji Pertama? Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Selamat atas gaji pertamamu, ladies! Tapi, jangan langsung kamu hambur-hamburkan lho.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Lifestyle

Rasa bangga pasti kamu dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh pekerjaan. Pekerjaan pertama memang memberikan banyak hal baru bagimu seperti skill baru, teman baru, pengalaman baru dan yang pasti adalah gaji pertama. Jadi, untuk apa sebaiknya gaji pertama kamu, ladies? Beli baju, make up, sepatu baru, atau jalan-jalan. Wah, jangan berpikiran untuk shopping terus, ladies. Sebaiknya kamu melakukan hal-hal ini supaya gaji pertamamu jadi lebih bermakna :

Sisihkan untuk Orang Tuamu

Menyisihkan sebagian uang

Orang tua mana yang tidak bangga melihat anaknya sukses dan mulai mandiri. Semua orang tua tentu tidak mengharapkan rezeki dari anak. Sebab bagi orang tua, kebahagiaan anak adalah hal paling penting. Tetapi orang tua pasti sangat bersyukur jika kamu bisa menyisihkan sedikit rezekimu untuk mereka. Tidak harus dalam jumlah yang besar. Cukup sekadarnya saja sebagai uang jajan. Kalau orang tuamu bersikeras menolak, lakukan saja dengan cara lain. Ajaklah mereka makan di luar rumah dan belikan barang-barang yang mereka butuhkan. Percayalah kalau rezekimu tidak akan habis bila digunakan untuk membahagiakan orang tua.

Mulailah Menabung dari Sekarang

Menabung

Tidak pernah ada kata terlalu cepat untuk mulai menabung. Sejak mendapatkan gaji pertama, kamu patut membiasakan dirimu untuk menabung. Menabunglah dalam jumlah secukupnya setelah kebutuhan rutinmu terpenuhi, kemudian mulailah melakukan upaya penghematan supaya setiap bulannya nilai uang yang kamu tabung secara rutin bisa ditingkatkan.

Jangan Remehkan Uang Kecil

Uang receh

Di awal bulan sewaktu baru gajian, mungkin kamu akan meremehkan uang receh. Kamu pun tidak peduli meletakannya di mana ketika mendapatkan kembalian usai berbelanja. So, simpanlah uang-uang recehmu pada sebuah dompet khusus. Pisahkan dari uang besar yang belum kamu belanjakan. Menjelang akhir bulan, kamu pasti akan menyadari manfaat uang-uang receh tersebut. Kamu juga bisa menggunakannya untuk hal-hal kecil seperti membayar belanjaan dan uang parkir. Sehingga uang besarmu tidak perlu digunakan untuk hal kecil tersebut.

Hindari Gaya Hidup yang Berlebihan

Hedonisme

Gaji pertama sering memicu timbulnya hasrat gaya hidup yang berlebihan. Mulai dari makan siang di mall setiap hari, nongkrong di café, nonton film terbaru, hingga membeli gadget yang harganya mahal. So, gaya hidup seperti ini harus mulai dihindari sejak kamu menerima gaji pertama. Ingatlah bahwa masih banyak hal lain yang harus kamu utamakan. Sesekali berbelanja untuk memanjakan diri tentu tak jadi masalah. Tetapi jangan lupa dengan prioritas lain seperti tabungan dan investasi.

Mulai Mempertimbangkan Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan sambilan

Tak ada ruginya jika kamu mulai mempertimbangkan pekerjaan sampingan setelah mendapat gaji pertama. Dengan demikian, kamu akan lebih terpacu untuk memperdalam keahlianmu. Pekerjaan sampingan akan membuat pendapatanmu semakin bertambah dan pundi-pundi tabunganmu pun lekas penuh.

Nah, sebagai generasi modern tentu kamu sudah tahu cara mengelola keuangan dengan cermat. Jangan membuat gaji pertama dan gaji-gajimu berikutnya jadi sia-sia, ya. Mulailah mengelola gaji dengan cermat untuk masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat ya, ladies!