Featured Image Article 3359

Trik Makeup Tahan Lama untuk Kulit Berminyak yang Akan Mengubah Hidupmu

Kamu punya masalah kulit berminyak? Coba trik make up berikut agar make up-mu tahan lama dan tidak mudah luntur!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Makeup

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak, trik make up tahan lama yang satu ini wajib banget kamu coba, ladies! Pasalnya, jika kamu menggunakan make up dengan trik yang tidak sesuai dengan kulitmu yang berminyak, maka akan fatal akibatnya. Selain make up-mu akan mudah luntur, wajahmu pun akan tampak sangat berminyak dan tentu saja terasa lengket dan tidak nyaman. Yuk, simak ulasan berikut ini yang pastinya akan membuat makeupmu tahan lama dan tidak mudah luntur.

  1. Membersihkan wajah sebelum menggunakan makeup adalah hal wajib. Saat membersihkan wajah, terlebih dahulu gunakan susu pembersih, kemudian cuci wajah dengan menggunakan facial foam hingga bersih.
  2. Gunakan produk kosmetik yang berbahan oil free, mulai dari primer, BB cream, foundation, blush on, bedak, dan sunscreen.
  3. Gunakan toner. Hal ini untuk mengecilkan pori-pori wajah agar kulit wajah tidak mengeluarkan minyak berlebih.
  4. Jika perlu, kompres wajah dengan menggunakan es batu atau air dingin. Hal iniuntuk memastikan penutupan pori-pori wajah agar mengurangi produksi minyak.
  5. Gunakan pelembab yang berbasis air agar kulitmu tetap lembab, namun tidak berminyak. Hindari penggunaan pelembab dengan greasy formula karena dapat meningkatkan produksi minyak di wajahmu.
  6. Gunakan foundation padat untuk menghindari kesan wajah berminat. Hindari liquid foundation karena akan menimbulkan kesan kilap berminyak.
  7. Gunakan bedak tabur karena bedak tabur dapat menyerap minyak. Ingat, gunakan bedak tabur setelah penerapan foundation kemudian lapisi dengan bedak padat.
  8. Selalu sediakan kertas penyerap minyak (paper face) untuk mengantisipasi saat wajah mulai berminya. Tapi ingat, letakkan dan tekan secara lembut pada bagian berminyak saja. Jangan sekali-sekali mencoba untuk mengusapnya terlalu keras karena akan beresiko merusak make up kamu.
  9. Hindari pemakaian concealer pada bagian kelopak mata.  Hal ini ntuk menghindari kerak pada riasan sekitar mata yang biasa timbul beberapa jam setelah penggunaan make up. Gunakan primer khusus kelopak mata agar eyeshadow lebih melekat dengan sempurna. Jangan lupa pula untuk memilih riasan mata yang tahan lama dan tahan air ya, ladies!

Nah, itu dia trik make up yang bisa kamu terapkan pada kulit wajah yang berminyak. Melalui penerapan trik-trik make up di atas, dijamin make up kamu tidak akan luntur-luntur lagi, deh! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk langsung coba diterapkan. Semoga bermanfaat.