Featured Image Article 3376

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Menghilangkan karang gigi membandel dengan cara alami berikut terbukti efektif lho, ladies!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Health

Karang gigi yang susah untuk dihilangkan tentu saja akan mengganggu penampilanmu, ya ladies! Tak hanya itu, saat kamu terlihat memiliki karang gigi, maka orang akan mengira bahwa kamu adalah orang yang kurang pandai merawat diri. Nah, maka dari itu karang gigi yang membandel ini  perlu dihilangkan dengan segera, ladies! Selain kamu bisa pergi ke dokter untuk menghilangkannya, kamu ternyata juga bisa menghilangkan karang gigi ini dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, lho ladies! Mau tahu apa saja bahan-bahan alami tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini!

Cengkih

Cengkeh

Menghilangkan karang gigi dengan bahan alami yang satu ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menumbuk 7 butir cengkih kemudian gunakan bubuknya untuk menggosok karang gigi atau jika tidak mau menggunakan cara tersebut, kamu bisa langsung mencampurkan bubuk cengkih dengan air putih kemudian gunakan untuk berkumur setiap harinya setelah bangun tidur. Lakukan perawatan ini rutin dalam waktu satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Baking Soda

Baking soda

Caranya hampir sama dengan menyikat gigi pada umumnya, yaitu dengan menyediakan satu sendok teh baking soda dalam sebuah wadah, basahi sikat gigi kemudian letakkan bulu sikat pada baking soda, seolah baking soda sebagai pasta giginya. Sikat secara perlahan dengan gerakan naik turun. Lakukan perawatan ini setiap hari selama satu minggu untuk hasil maksimal. Jangan terlalu kasar ketika menyikat dengan menggunakan baking soda karena malahan akan membuat email gigi kamu rusak.

Biji Asam Kawak

Cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan bahan tradisional yang satu ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan menyangrai biji asam kawak. Setelah cukup kering, haluskan biji asam kawak dengan cara ditumbuk maupun dibleder hingga berbentuk bubuk. Setelah itu, gunakan bubuk biji asam kawak untuk menggosok bagian gigi yang berkarang. Untuk menghindari luka sebaiknya menggunakan kapas ataupun sikat gigi untuk pengaplikasiannya.

Selain dengan menggunakan cara sederhana di atas, sebenarnya karang gigi ini bisa dicegah, lho ladies! Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi tepung dan gula yang berpotensi menimbulkan plak dan karang gigi. Selain itu kamu juga dapat mencegahnya dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi berplak dan berkarang. Kamu hanya perlu untuk memilih produk pasta gigi yang mengandung tartar control dan fluoride yang mampu menghilangkan plak dan karang gigi. Satu lagi, rutin menyikat gigi dengan cara yang benar juga wajib kamu lakukan untuk menghindari gigi berkarang.


Nah, itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan karang gigi yang bisa kamu coba di rumah, ladies! Selain mudah dan efektif, cara tersebut di atas juga aman untuk dilakukan, lho! Selamat mencoba.