Featured Image Article 343

Sakit? Pakai Masker Sekarang!

Indonesia mulai memasuki musim pancaroba. Musim pancaroba biasanya identik dengan perubahan cuaca ekstrim yang diikuti dengan menurunnya daya tahan tubuh banyak orang.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Health

Karena daya tahan tubuh banyak orang menurun, akhirnya banyak juga orang yang gampang terkena sakit penyakit seperti batuk dan bersin, yang juga kadang diikuti dengan demam.

Orang Indonesia memang sedikit kurang kesadaran akan kondisi kesehatan. Memang terkadang tidak setiap kita sakit, kita bisa meninggalkan pekerjaan di kantor maupun di sekolah. Jadi terpaksa kita harus beraktivitas dalam keadaan sakit. Sebenarnya hal ini apabila ditangani dengan baik dan penuh kesadaran tidak akan menjadi masalah.

Sayangnya, di Indonesia penyebaran penyakit terjadi dengan mudah. Orang sakit yang datang ke kantor atau sekolah akan menyebarkan virus kepada orang yang satu kendaraan, satu ruangan dan satu lingkungan dengannya. Sehingga, di saat seperti ini, masker bedah atau masker kesehatan sangat penting keberadaannya.

Pada dasarnya, masker ini memiliki fungsi mencegah penyebaran penyakit dari dua arah.

1.       Dari Luar Ke Dalam

Maksudnya, masker dapat dipakai untuk mencegah masuknya virus penyakit dari luar ke dalam tubuh kita. Jadi ketika tidak sakit, tapi sedang berada dalam musim penyakit, kita bisa menggunakan masker bedah ke mana-mana. Misalnya, kalau teman-teman sekantor/sekelas kamu ada yang datang dengan membawa penyakit seperti batuk dan pilek, kamu jadi bisa mencegah penyakit tersebut menyebar dan menulari kamu.

2.       Dari Dalam Ke Luar

Yang dimaksudkan adalah ketika kamu sakit, kamu tidak boleh egois dan harus memikirkan dampak sakit kamu untuk orang lain. Jadi akan lebih baik kalau kamu menggunakan masker sehingga virus yang keluar dari mulut dan hidung kamu tidak punya kesempatan menyebar kepada orang-orang di sekitar kamu.

Jadi, mungkin kamu bisa mulai membiasakan menggunakan masker ketika sedang sakit ya, ladies!