Featured Image Article 3467

Lakukan 10 Hal Ini untuk Merawat Kesehatan Mata Kamu

Hal-hal sederhana berikut ini bisa menjaga kesehatan matamu, lho ladies! Yuk, intip ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini!

Wikan Photo
Wikan
Contributor
di Health

Mata yang sehat tentu saja menjadi impian semua orang. Saat kamu mengalami gangguan mata yang menyebabkan mata berair, lelah, bengkak, maupun pengelihatan yang kabur, tentu saja hal itu akan membuat aktifitasmu terganggu. Tak hanya itu, penampilanmu pun akan tampak tidak sehat dan lesu. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai 10 hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan matamu. Tidak hanya membantumu melihat dengan jelas, mata yang sehat juga dapat mendongkrak rasa percaya dirimu, ladies! Yuk, langsung saja kita simak info lengkapnya berikut ini.

Hindari Memakai Lensa Kontak Selama Lebih dari 19 Jam

Lensa kontak

Menggunakan lensa kontak terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen yang mengakibatkan ketidaknyamanan pada matamu. Hal yang sama juga berlaku pada pengguna kacamata yang terlalu lama.

Perbanyak Konsumsi Wortel

Makan wortel

Kandungan beta karoten dalam sebuah wortel yang sangat tinggi bisa menjaga kesehatan matamu, lho ladies! Pasalnya, beta karoten adalah antioksidan yang mampu mengurangi resiko degenerasi macula pada matamu yang menyebabkan kurang tajamnya pandanganmu, ladies!

Kurangi Pemakaian Tetes Mata

Jika kamu sedang mengalami iritasi mata yang menyebabkan mata merah dan berair, menggunakan tetes mata mungkin bisa menjadi solusi yang paling tepat. Tapi jika tetes mata ini digunakan secara berlebihan, maka obat mata yang satu ini justru bisa merusak kesehatan mata.

Perawatan dengan Mentimun

Mentimun

Sebelum tidur, biasakan untuk meletakkan irisan mentimun di kedua matamu. Lakukan perawatan ini selama 10 menit setiap harinya untuk mencegah bengkak saat bangun tidur.

Gunakan Kacamata Hitam Pelindung UV

Kacamata hitam

Untuk menjaga matamu dari paparan sinar matahari, kamu perlu menggunakan lensa yang terpolarisasi. Bukan sekedar menggunakan kacamata gelap saja, kamu perlu menggunakan kacamata hitam pelindung UV saat melakukan aktifitas di luar rumah, khususnya saat kamu pergi ke pantai.

Jangan Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Di depan laptop

Aktifitas di depan layar komputer yang terlalu lama bisa membuat matamu menjadi lelah. Dengan mengurangi aktifitas di depan komputer kamu bisa membantu menjaga kesehatan matamu dari mata lelah, ladies!

Pakailah Kacamata Pelindung di Waktu yang Tepat

Kacamata

Meskipun kamu memiliki mata normal yang tidak membutuhkan bantuan kacamata untuk melihat, kamu harus tetap menggunakan kacamata pelindung saat bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

Jangan Membaca dalam Cahaya Redup

Membaca

Membaca dalam cahaya redup biasanya dapat menyebabkan ketegangan pada syaraf mata dan memicu mata lelah. Apabila matamu sudah menunjukkan tanda-tanda mata lelah seperti mata terasa berat dan tegang, usahakan untuk istirahat sejenak.

Jangan Langsung Melihat Cahaya yang Terlalu Terang

Cahaya terang

Jika kamu langsung melihat pada cahaya yang terlalu terang, kamu pasti merasakan gejala pusing atau mata berkunang-kunang. Hal inilah yang menyebabkan para ahli melarang untuk memfokuskan mata pada sinar matahari karena akan menyebabkan kerusakan pada lensa mata.

Melatih Mata

Cobalah untuk memfokuskan matamu pada obyek yang dekat, kemudian pada obyek yang jauh. Ulangi proses ini beberapa kali atau kamu juga dapat mencoba cara kedua, yaitu dengan duduk dengan meletakkan siku di atas pinggul, kemudian tutup matamu dengan kedua telapak tangan. Setelah itu, jauhkan kedua telapak tanganmu selama 10 detik, lalu buka mata dan ulangi lagi sampai minimal 3 kali.

Nah, itulah 10 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata cantikmu. Semoga bermanfaat, ladies!