Featured Image Article 3551

Resep Perawatan Wajah dari Olahan Susu yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Bukan hanya sebagai asupan dari dalam untuk tubuh. Susu bisa kamu gunakan untuk bagian luar tubuh lho, ladies!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Skin Care

Seperti yang sudah kita ketahui, susu memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di zaman Cleopatra, susu dan madu digunakan sebagai perawatan kecantikan. Dimulai ditahun 69 sebelum Masehi, tren kecantikan ini berlangsung hingga ribuan tahun kemudian. Meskipun banyak tersedia produk olahan susu yang dijual di pasaran dengan berbagai berbagai merk, sebaiknya kamu menggunakan susu yang bisa kamu olah sendiri dirumah. Hal yang perlu diingat, hindari susu yang memiliki lemak tinggi. Sebagai gantinya, gunakan susu kambing, susu almond, atau susu beras.

Berikut ini beberapa resep susu yang bisa kamu olah sendiri di rumah untuk produk kecantikan.

Pembersih dan Penyegar

Pembersih wajah

Jika kamu memiliki susu segar yang belum dipasteurisasi, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan wajah dengan susu dingin. Gunakan kapas dan celupkan ke dalam susu untuk membersihkan sekaligus juga bisa digunakan sebagai penyegar atau toner. Selain mampu membuka pori-pori, lactic acid yang terkandung di dalamnya bisa melembabkan.

Masker Pelembap

Menggunakan pelembap

Ambil satu sendok makan susu dan tambahkan pisang yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada kulit dan tunguu hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat untuk hasil maksimal.

Pengelupas

Susu memiliki Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang jika dicampurkan dengan madu dan oatmeal, bisa dijadikan krim masker yang berfungsi sebagai facial scrub. Cukup campurkan dua sendok makan susu dengan setengah sendok makan madu dan tuangkan oatmeal.

Masker Penyegar

Wajah tampak kusam? Buatlah sebuah masker dengan dua sendok makan susu, satu sendok makan susu, satu sendok makan madu, setengah sendok vitamin E dan satu sendok makan Aloe Vera. Oleskan pada kulit wajah dengan kapas dan tunggu hingga 30 menit.

Toner

Toner

Ambil satu sendok makan susu dan satu sendok makan teh hijau. Campurkan dan oleskan pada kulit dengan kapas untuk melembabkan kulit dengan kandungan antioksidan.

Perawatan Bekas Jerawat

Campurkan setengah gelas susu, dua sendok makan, baking soda, atau sendok makan saus tomat, dan satu sendok kentang yang dihaluskan kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas perlahan. Perlu diingat, tomat rentan terhadap kulit sensitif, jadi cek dulu tingkat alergimu dibelakang telinga.

Masker Anti Penuaan Dini

Masker anti penuaan

Untuk meningkatkan kekenyalan, tuangkan dua sendok makan susu dengan satu sendok teh minyak biji bunga flax. Tambahkan setengah pisang yang telah dihaluskan dan oleskan di wajah. Tunggu hingga 30 menit kemudian bilas perlahan.

Perawatan Pencerah

Masker susu

Campurkan susu dengan jus lemon dalam ukuran sama untuk mengobati jerawat dan hiper pigmentasi. Caranya mudah, cukup mengoleskannya pada tempat yang butuh perawatan.

Nah, itu dia cara mudah untuk mengolas susu sebagai perawatan wajah kamu, ladies? Selamat mencobanya!